Kamis, 24 Jumadil Akhir 1435 / 24 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Polisi: Sam Bacile Mengaku Bukan Yahudi

Selasa, 18 September 2012, 11:40 WIB
Komentar : 5
al-arabiya
Nakoula Basseley Nakoula atau yang dikenal dengan Sam Bacile dalam set pembuatan film
Nakoula Basseley Nakoula atau yang dikenal dengan Sam Bacile dalam set pembuatan film

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Produser film Innocence of Muslims,  Sam Bacile alias Nakoula Basseley Nakoula mengaku dirinya bukanlah seorang Yahudi seperti yang pernah disebut sebelumnya. Hal ini diungkapkannya saat diperiksa polisi terkait filmnya yang dianggap menistakan Nabi Muhammad SAW.

Pengakuan ini diungkapkan Nakoula dalam pemeriksaan oleh kepolisian. Nakoula dijemput oleh sejumlah petugas di rumahnya di Cerritos, California, Jumat lalu. Dalam credit film tersebut, Nakoula menggunakan nama samaran Sam Bacile. 

Kepada polisi, pria 55 tahun ini mengakui perannya sebagai produser dalam pembuatan film Innocence of Muslims. Ia mengaku menulis sendiri naskah skenario dengan dibantu oleh anaknya, Abanob Basseley. 

Ia juga mengaku pembuatan film tersebut menghabiskan biaya sekitar 50 ribu hingga 60 ribu dolar AS. Proses pengambilan gambar dilakukan dalam waktu singkat, yakni 12 hari. 

"Nakoula mengklaim dana pembuatan film tersebut berasal dari keluarga istrinya di Mesir," demikian pernyataan resmi kepolisian California seperti dilansir ABC News, Selasa (18/9). 

Pengakuan Nakoula kepada polisi ini berbeda dengan pernyataannya sebelumnya kepada media yang menyebutkan film tersebut menelan biaya hingga lima juta dolar AS yang berasal dari donasi komunitas Yahudi. 

Kepada polisi, Nakoula juga membantah dirinya bagian dari komunitas Yahudi dan mengklaim diri sebagai seorang Kristen Koptik Mesir-Amerika. Saat ini Nakoula dan keluarganya berada dalam perlindungan kepolisian di tempat yang tidak dipublikasikan. Kepolisian sendiri tidak mengungkapkan berapa lama Nakoula akan disembunyikan. 

"Yang kami tahu hanya keluarga mereka untuk beberapa pekan atau bulan ke depan tidak akan kembali ke rumahnya," kata juru bicara kepolisian Steve Whitmore. 

Reporter : Adi Wicaksono
Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Sumber : ABC News
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka."((Hujuraat 49:11) )
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  cinta islam Rabu, 19 September 2012, 08:23
islam aku bela sampai mati
  OSKAR Selasa, 18 September 2012, 16:24
hati2 mas kl pulang ke rumah, mendingan gak usah pulang sekalian, tp kemana pun sembunyi pasti lama kelamaan anda akan di temukan juga kecuali ke liang kubur......hiiiii....ngeriii
  12180 Selasa, 18 September 2012, 16:02
siapa menebar angin, dia menuai badai, kalo mau panen mangga jgn bibit jengkol ditanam, kalo mau sehat, jgn penyakit yg dipelihara, kalo mau dicintai semua orang jangan kebencian yang disebarluaskan, gitu aja kok repot

  VIDEO TERBARU
MUI Harapkan PPP Islah
JAKARTA -- Internal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) alami perselisihan. Akan hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta PPP untuk segera melakukan Islah. "Pada forum...