Saturday, 1 Muharram 1436 / 25 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Rahasia Usamah Terbunuh Terkuak, AS Gusar

Wednesday, 05 September 2012, 06:49 WIB
Komentar : 2
abcnews.com
Usamah bin Ladin
Usamah bin Ladin

REPUBLIKA.CO.ID, Amerika mengatakan buku baru mengenai penyerbuan pasukan komando angkatan laut Navy SEAL yang menewaskan pemimpin teroris Usamah bin Ladin tahun lalu memuat informasi “peka dan rahasia” yang seharusnya tidak boleh diungkap.

Juru bicara Departemen Pertahanan AS, George Little mengatakan bahwa pejabat militer telah meneliti buku itu yang berjudul “No Easy Day” yang ditulis oleh mantan anggota komando yang melakukan penyerbuan serta menewaskan Usamah di Pakistan bulan Mei 2011. Ia mengatakan para pejabat “prihatin” akan sebagian pengungkapan tersebut dan mengecam pengarangnya.

George Little menolak merinci mengenai informasi apa yang dianggap pejabat Pentagon rahasia, atau kerugian apa yang mungkin ditimbulkan karena pengungkapan dalam buku itu.

Buku itu ditulis dengan nama samaran Mark Owen tapi media Amerika telah melaporkan pengarangnya adalah Matt Bissonnette, yang pensiun dari Angkatan Laut tidak lama setelah penyerbuan itu.

Buku itu dijual di seluruh Amerika termasuk di pusat-pusat militer. Tapi George Little mengatakan Pentagon ‘berkeyakinan penuh” naskahnya seharusnya diserahkan terlebih dahulu untuk dinilai apakah tidak membocorkan keamanan sebelum diterbitkan, klaim yang disanggah oleh pengacara Bissonnette.

Bissonnette bisa dikenai tuntutan kejahatan karena mengungkap informasi mengenai operasi rahasia. George Little mengatakan pejabat sedang mempertimbangkan pilihan-pilihan hukum mereka.

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : voaindonesia
Tanda-tanda orang munafik ada tiga, yaitu bila berbicara dusta, bila berjanji tidak ditepati, dan bila diamanati dia berkhianat. ((HR Muslim))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Tugas Kopassus di Era Presiden Baru
JAKARTA -- Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus telah memiliki pemimpin baru yaitu Mayjen TNI Doni Monardo. Bertepatan dengan penggantian presiden baru, ada beberapa hal...