Senin, 26 Zulhijjah 1435 / 20 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Sengketa Laut Cina Timur, Inilah Tuntutan Cina pada Jepang

Sabtu, 18 Agustus 2012, 13:44 WIB
Komentar : 1
Bendera Cina
Bendera Cina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING---Cina telah menyerukan Jepang untuk mengejar "dialog dan perundingan" guna menyelesaikan sengketa teritorial yang kian meningkat antara kedua negara atas pulau di Laut Cina Timur yang mereka klaim.
"Cina menuntut Jepang menghentikan tindakan yang melemahkan kedaulatan teritorial China, kembali ke jalur yang benar di mana masalah itu diselesaikan melalui dialog dan perundingan," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri Qin Gang Jumat malam.

Dalam satu pernyataan Qin menegaskan kembali sikap Beijing, bahwa Jepang menahan warga negara Cina dan perahu mereka adalah pelanggaran "serius wilayah kedaulatan China".
Jepang, yang mengontrol pulau-pulau yang disengketakan, Jumat mendeportasi sekelompok aktivis pro-Cina yang berlayar ke salah satu dari pulau mereka, ketika Tokyo bergerak cepat untuk mengakhiri sengketa yang berpotensi merusak dengan Beijing.

Deportasi itu terjadi hanya 48 jam setelah sekitar 14 telah menjadi orang pertama non-Jepang yang menginjakkan kaki di setiap bagian dari kepulauan itu - yang dikenal sebagai Diaoyu di China dan Senkaku di Jepang - sejak tahun 2004.

Separuh kelompok ditempatkan di dalam pesawat komersial di Naha, kota utama di Okinawa, dan tiba di Hong Kong Jumat malam. Yang lain diambil kembali ke kapal mereka di pelabuhan Ishigaki.

Perselisihan baru tersebut terjadi pada saat ketegangan juga melonjak antara Jepang dan Korea Selatan setelah Presiden Lee Myung-Bak mengunjungi pulau yang dikendalikan oleh Seoul, tetapi diklaim oleh Tokyo itu.

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : Antara
Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah, engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah, menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan merupakan sedekah((HR Tirmidzi))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Adik Presiden Obama Kirim Video Ucapan Selamat untuk Jokowi
 Presiden Obama mengirim delegasi khusus guna menghadiri upacara pengambilan sumpah pelantikan Presiden Indonesia Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Sementara diaspora Indonesia di Amerika...