Sabtu, 4 Zulqaidah 1435 / 30 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

4 Anggota Kartel Narkoba Meksiko Dibekuk di Spanyol

Sabtu, 11 Agustus 2012, 04:39 WIB
Komentar : 0
AP
Penahanan anggota kartel narkoba di Meksiko  (ilustrasi)
Penahanan anggota kartel narkoba di Meksiko (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Empat anggota sebuah kartel narkoba besar Meksiko ditangkap di Madrid, termasuk sepupu orang yang paling diburu di negara Amerika Latin itu, demikian diumumkan Kementerian Dalam Negeri Spanyol, Jumat.

Kartel Sinaloa, salah satu organisasi kriminal terbesar di dunia, berusaha membentuk sebuah jaringan operasi Eropa di Spanyol, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

"Negara kami akan digunakan sebagai titik masuk pengiriman narkotika dalam jumlah besar," katanya.

Salah satu dari keempat pria Meksiko yang ditangkap itu bernama Jesus Gutierrez Guzman, seorang sepupu Joaquin "Cebol" Guzman, kepala kartel tersebut.

Seluruh keempat orang itu, yang ditangkap di dekat hotel-hotel di Madrid pusat, diburu di AS atas tuduhan terlibat dalam peredaran narkoba dan pencucian uang.

Penangkapan para tersangka itu merupakan bagian dari sebuah operasi gabungan dengan FBI AS bernama Dark Waters, yang dimulai pada 2009.

Aparat Spanyol yang terlibat dalam operasi itu menyita sebuah peti kemas dengan 373 kilogram kokain di pelabuhan Algeciras pada Juli.

Berita itu menimbulkan kegemparan di media Meksiko ketika terungkap bahwa salah satu tersangka itu terkait dengan Partai Revolusioner Kelembagaan Meksiko atau PRI, yang calonnya menang dalam pemilihan presiden pada Juli.

Rafael Celaya mengajukan permohonan menjadi calon PRI untuk pemilihan anggota parlemen federal bagi negara bagian Sonora pada pemilihan Juli, namun gagal, kata situs berita resmi partai itu.

Sebuah foto di halaman Facebook milik Celaya juga memperlihatkan ia berdiri di dekat presiden mendatang Enrique Pena Nieto dalam sebuah acara kampanye.

Seorang pejabat PRI mengatakan, partai itu masih menyelidiki masalah tersebut dan akan memberikan sebuah pernyataan mengenai hal itu nanti.

Redaktur : Heri Ruslan
Sumber : Antara
Barangsiapa mengobati sedang dia tidak dikenal sebagai ahli pengobatan maka dia bertanggung jawab((HR. Ibnu Majah))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Inter Milan Gasak Stjarnan
MILAN -- Inter Milan tumbangkan Stjarnan dengan skor teak 6-0 dalam play-off second leg Liga Eropa di Stadion San Siro,  Jumat (29/8). Inter yang...