Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

Iran: AS-Israel Ingin Kobarkan Perang Suriah

Ahad 05 Agustus 2012 07:52 WIB

Red: Didi Purwadi

Bocah Suriah berjalan di reruntuhan bangunan di kawasan Idlib, Suriah utara.

Bocah Suriah berjalan di reruntuhan bangunan di kawasan Idlib, Suriah utara.

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Juru bicara Kementerian Luar Negeri Republik Islam Iran, Ramin Mehmanparast, mengatakan Amerika Serikat, rezim Zionis Israel dan sekutu mereka telah melancarkan perang berskala penuh di Suriah. Tujuannya untuk mengacaukan stabilitas keamanan di negara Arab itu demi melayani kepentingan mereka sendiri.

"Jika saat ini AS dan Israel berhasil mengobarkan instabilitas di Suriah, hal itu akan menimbulkan ketidakamanan di kawasan. Ketidakamanan di Timur Tengah dan Teluk Persia hanya akan melayani kepentingan Washington dan Tel Aviv," kata Mehmanparast dalam pertemuan dengan para peneliti dari Shanghai Institute untuk Studi Internasional dan Akademi Ilmu Sosial di Cina pada Sabtu (4/8).

Mehmanparast juga mengecam AS dan Barat karena menyabotase misi utusan khusus PBB dan Liga Arab Kofi Annan di Suriah. Ia menambahkan kebijakan strategis AS di Suriah bukan untuk menciptakan perdamaian.

''Setiap kali misi Annan mendekati keberhasilan, Washington dan sekutunya mengintensifkan instabilitas keamanan di Suriah dengan menyuplai senjata dan dana kepada kelompok-kelompok bersenjata,'' tukas Mehmanparast.

Annan pada Kamis lalu akhirnya mengundurkan diri dari tugasnya dengan alasan kurangnya dukungan internasional dan kerusuhan di Suriah yang terus meningkat.

Sumber : www.irib.ir
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES