Friday, 20 July 2012, 06:53 WIB

Irak: Oposisi Suriah Kuasai Seluruh Pos Perbatasan

Red: Endah Hapsari
CNN
Sejumlah aktivis oposisi Suriah dalam persembunyian dengan amunisi laptop dan gadget untuk menyebar informasi ke penjuru dunia
Sejumlah aktivis oposisi Suriah dalam persembunyian dengan amunisi laptop dan gadget untuk menyebar informasi ke penjuru dunia

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD---Pasukan oposisi Suriah telah menguasai semua pos di perbatasan Suriah-Irak di sisi Suriah, kata seorang pejabat kementerian dalam negeri Irak.

Sumber kementerian dalam negeri, tanpa menyebut nama, mengatakan kepada Xinhua bahwa "pasukan perbatasan Irak menyaksikan pertempuran pemberontak Suriah dengan pasukan pemerintah Suriah untuk merebut pos-pos perbatasan."

Irak memiliki sekitar 600 kilometer perbatasan bersama dengan Suriah dan dua provinsi yang berbatasan yakni Anbar dan Niniwe.

Penyeberangan perbatasan telah mengalami penutupan bersejarah ketika krisis intensif di kedua pihak. Pihak berwenang Irak sejauh ini tidak membuat keputusan mengenai kontrol perbatasan dengan Suriah.

Sementara itu seorang pejabat Irak mengatakan, pemerintahnya telah menutup pos perbatasan utama setelah gerilyawan Suriah menguasai tempat penyeberangan Abu Kamal.

Pos Qaim, di seberang Abu Kamal, juga ditutup dan sekarang berada di bawah kendali militer Irak. Tentara Irak juga mengambil alih pos-pos lain di dekatnya dari pejabat bea cukai Irak, katanya.

Sumber : Antara
loading...