Thursday, 27 Ramadhan 1435 / 24 July 2014
find us on : 
  Login |  Register

Bintang Film Bollywood Rajesh Khanna Meninggal

Thursday, 19 July 2012, 07:05 WIB
Komentar : 0
santabanta.com
 Rajesh Khanna
Rajesh Khanna

REPUBLIKA.CO.ID, MUMBAI --  Rajesh Khanna, salah satu bintang film pujaan India, meninggal dunia Rabu pagi, kata keluarganya.

Khanna (69) keluar-masuk rumah sakit dalam sebulan terakhir karena penyakit yang tidak diungkapkan.

Ia meninggal di kediamannya di daerah pinggiran Mumbai, kata menantunya yang juga aktor terkenal, Akshay Kumar, kepada wartawan. Pemakaman Khanna dilaksanakan pada Kamis.

Khanna, yang terkenal dengan senyum tersipu dan wajah cerianya, sering disebut-sebut sebagai mega bintang sejati pertama Bollywood, seseorang yang memiliki basis penggemar fanatik di kalangan wanita, karena film-film hit romantis yang dibintanginya pada era 1970-an.

Pada puncak karirnya, banyak wanita secara simbolis menikahi poster Khanna dan menulis surat kepadanya dengan tinta darah, kata beberapa aktor rekan kerjanya.

"Rajesh Khanna mengajarkan kepada kita bagaimana tersenyum. Ia menambahkan kemuliaan pada konsep roman kita," tulis aktor Anupam Kher di Twitter.

Perannya sebagai pilot muda yang gagah di film "Aradhana" dan seorang pasien yang sakit kanker parah di "Anand" tetap menjadi salah satu yang paling dikenang di Bollywood.

Khanna, yang lahir dengan nama Jatin Khanna, menikah dengan aktris Dimple Kapadia pada 1973 dan memiliki dua putri, namun pasangan itu kemudian bercerai pada 1980-an.

Penghormatan dan duka-cita berdatangan untuk Khanna, termasuk dari Perdana Menteri India Manmohan Singh.

Situs-situs sosial seperti Twitter penuh dengan ucapan bela sungkawa bagi bintang pujaan hati tersebut.

Khanna sempat berkecimpung di dunia politik dan menjadi anggota parlemen pada 1990-an, namun kemudian pada tahun-tahun terakhir seperti mengasingkan diri dan hampir tidak pernah muncul di depan umum.

Penampilan terakhirnya di depan kamera adalah untuk sebuah iklan kipas plafon pada tahun ini, dan tubuhnya yang kurus kering membuat sedih banyak penggemarnya.

Redaktur : Heri Ruslan
Sumber : Antara
Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya(HR. Muslim, no. 2588)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Buka Puasa Bersama Obama Diwarnai Seruan Boikot
WASHINGTON -- Acara buka puasa tahunan di Gedung Putih diwarnai seruan boikot, sebagai bentuk protes kebijakan pemerintahan Obama terhadap konflik di Gaza. Selengkapnya...