Senin, 25 Juni 2012, 11:33 WIB

Inilah Reaksi AS atas Terpilihnya Mursi

Red: Hafidz Muftisany
Reuters
Mohammed Mursi
Mohammed Mursi

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Amerika Serikat mengucapkan selamat atas terpilihnya presiden Mesir yang baru Mohammed Mursi. Juru bicara Gedung Putih, Jay Carney mengatakan Washington senang dengan terpilihnya tokoh Ikhwanul Muslimin itu.

"Amerika Serikat mengucapkan selamat kepada Mohammed Mursi atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Mesir, ini adalah keberhasilan rakyat Mesir dalam transisi demokrasi," ungkap Carney dalam pernyataan resminya.

Amerika Serikat yang dikenal dekat dengan pemimpin Mesir dari kalangan militer sudah mewanti-wanti akan hak-hak minoritas penduduk Mesir. "Kami berhaap dapat bekerjasama dengan Presiden Mursi dan pemerintahannya. Kami percaya Mursi dapat menghormati hak-hak semua warga negara termasuk perempuan dan kelompok Kristen Koptik." imbuhnya.

Peran Militer yang membekukan Parlemen dan memungkinkan memiliki kekuatan lebih untuk mengontrol kebijakan pun ikut disanjung Gedung Putih. "Kami memuji Dewan Militer (SCAF) untuk peran mereka dalam pemilu yang adil. Kami berharap militer menyelesaikan transisi ke pemerintahan yang terpilih secara demokratis," pungkasnya.

Sumber : al-ahram