Jumat, 7 Muharram 1436 / 31 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Inilah Pesta Rakyat Indonesia di Athena Yunani

Senin, 25 Juni 2012, 07:46 WIB
Komentar : 2
gaec.gr
Athena
Athena

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON --  Lagu-lagu perjuangan diselingi dengan teriakan penyemangat melatarbelakangi pertandingan olah raga yang menjadi bagian dari kegiatan pesta rakyat KBRI Athena untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan ke-67 Republik Indonesia.


Sekitar 400 warga Indonesia yang terdiri atas anggota keluarga KBRI dan warga Indonesia yang tinggal di Athena, Yunani dan kota-kota sekitar mengikuti acara yang diadakan di gedung olah raga Zirinion milik pemerintah daerah Kiffisia.

Sekretaris Satu KBRI Athena, Jani Mediawati Sasanti kepada ANTARA London, Senin mengatakan biasanya masyarakat Indonesia di Athena yang sebagian besar adalah pekerja domestik mengikuti majikan berlibur musim panas ke pulau pada bulan Juli.

Jani Mediawati Sasanti mengatakan untuk itu kegiatan ini diadakan di bulan Juni agar jumlah peserta dapat maksimal dan sebelum memasuki bulan puasa pada pertengahan Juli.

Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Athena, Yunani Abdul Fatah Zainal menyatakan bahwa kegiatan olah raga ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan semangat kebangsaan, memupuk tali silaturahim dan yang terpenting adalah meningkatkan jiwa karsa dalam rantau.

Hal ini sangat penting mengingat keadaan di Yunani yang masih dalam kondisi kurang kondusif membuat sesama orang Indonesia di rantau seharusnya saling membantu.

KUAI Abdul Fatah Zainal menyampaikan pentingnya olah raga bagi kesehatan seperti yang diungkapkan oleh Soneca, seorang filsuf Romawi, yaitu "Mens Sana In Corpore Sano".

Pertandingan bola voli beregu putra dan putri diikuti masing-masing delapan regu dengan menggunakan sistem rally point berlangsung seru. Sebagai pemenang regu putra adalah grup Pamujas. Sedangkan voli putri dimenangkan oleh grup Bintang.

Selain itu, panitia menggelar pertandingan lainnya seperti gaple yang dilakukan secara berpasangan dan pertandingan untuk anak-anak seperti lomba makan kerupuk, kelereng dalam sendok, memasukkan pinsil ke botol dan kipas balon.

Lomba balap karung yang mengutamakan kecepatan, dipertandingkan untuk putra dan putrid, menyusul pertandingan tarik tambang setiap regu terdiri atas enam orang. Pertandingan yang diselenggarakan di hall olah raga berlangsung secara marathon ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang.

Redaktur : Heri Ruslan
Sumber : antara
Dari Tsauban Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat/mengutuk orang yang menyuap, yang menerima suap dan orang yang menghubungkan keduanya.” ([HR. Ahmad dalam bab Musnad Anshar radhiyallahu ‘anhum])
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
AS dan Dunia Islam Jalin Kerja Sama Lewat Keberagaman
JAKARTA -- Menjalin sebuah kerjasama dengan dunia islam menjadi tugas penting Shaarik H Zhafar sebagai utusan khusus Menteri luar negeri Amerika Serikat untuk...