Monday, 2 Safar 1436 / 24 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Dipicu Pertengkaran, Pengungsi Palestina dan Militer Lebanon Bentrok

Saturday, 16 June 2012, 05:33 WIB
Komentar : 2
guardian.co.uk
Pengungsi Palestina/ilustrasi
Pengungsi Palestina/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TRIPOLI---Seorang pria Palestina tewas dalam bentrokan antara militer Lebanon dan pengungsi Palestina di wilayah utara negara itu, kata beberapa sumber keamanan dan pemimpin kamp pengungsi.

Satu sumber keamanan mengatakan, sedikitnya empat orang Palestina cedera, namun seorang pemimpin kamp pengungsi menyebutkan jumlah warga Palestina yang terluka mencapai 23 orang.

Warga masih dilanda ketegangan setelah bentrokan berhenti, dan banyak orang melemparkan batu dan memblokade jalan-jalan di dekat kamp itu, yang terletak tidak jauh dari kota pelabuhan Tripoli, Lebanon utara.

Pasukan mengepung daerah-daerah sekitar kamp pengungsi Nahr al-Bared, yang hancur pada 2007 ketika militer Lebanon terlibat dalam pertempuran dengan militan di sana.

Bentrokan Jumat itu meletus ketika militer berusaha menghentikan pertengkaran antara dua orang Palestina di kamp itu, kata penduduk. Sejumlah orang merespons dengan melemparkan batu, namun insiden itu memanas dengan tembakan senapan.

Penduduk menyalahkan kekerasan itu pada pasukan, kata beberapa pemimpin kamp, namun sumber-sumber keamanan menekankan bahwa korban yang tewas tidak terkena tembakan aparat.

Ketegangan belum mereda di sekitar wilayah kumuh pesisir itu sejak 2007, ketika militer bergerak masuk untuk memerangi kelompok Fatah al-Islam yang terinspirasi Al Qaida.

Lebih dari 400 orang tewas, termasuk 170 prajurit, dan 6.000 rumah hancur dalam pertempuran itu.

Terdapat 12 kamp pengungsi yang menampung lebih dari 200.000 orang yang terdaftar di Lebanon, namun pengamanan di kawasan itu dilakukan oleh kelompok-kelompok Palestina.

Ketegangan antara kelompok-kelompok Palestina tetap menimbulkan risiko tinggi bagi stabilitas di Lebanon, yang telah menderita akibat serangkaian pembunuhan, perang dengan Israel dan krisis politik internal yang melumpuhkan dalam beberapa tahun ini.

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : Antara
Harta itu lezat dan manis, siapa yang menerimanya dengan hati bersih, ia akan mendapat berkah dari hartanya tersebut(HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Keren, Ada Aplikasi untuk Mengatur Usaha Kecil Anda
NEW YORK -- Baru-baru ini, jaringan kedai kopi Starbucks mengklaim unggul dalam pembayaran lewat aplikasi ponsel dengan 7 juta transaksi seminggu. Tetapi UKM...