Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

AS Kirim Kapal Perang Terbesar ke Pakistan

Jumat 15 Juni 2012 06:14 WIB

Red: Endah Hapsari

Kapal Perang AS USS Howard

Kapal Perang AS USS Howard

REPUBLIKA.CO.ID, Amerika Serikat menempatkan kapal perangnya di dekat perairan Pakistan. Menyusul kegeraman Washington atas ditutupnya rute logistik bagi pasukan NATO di Afghanistan, Amerika Serikat menempatkan kapal perang terbesarnya di perairan dekat perbatasan Pakistan.

 

Setalah gagal membujuk Islamabad untuk membuka rute logistik bagi pasukan asing di Afghanistan, AS kian memperhebat tekanannya terhadap Pakistan. Demikian dilaporkan Fars News mengutip Koran Ummat cetakan Pakistan.

Menurut sumber ini, militer AS dengan melanggar kedaulatan wilayah perairan Pakistan telah mengirim kapal perannga di perairan di kawasan yang berjarak 65-70 km dari pelabuhan Gwadar.

Pemindahan kapal perang AS ke kawasan ini dimulai sejak pekan kedua bulan Juni dan saat ini armada perang tersebut telah ditempatkan seluruhnya di dekat Gwadar.

Armada laut AS yang ditempatkan di dekat Pakistan ini meliputi empat kapal selam modern, dua kapal penyuplai bahan bakar, 10 kapal perang dengan kekuatan manuver tinggi.

Dinas intelijen dan keamanan Pakistan telah mulai melakukan penyidikan alasan penempatan armada laut AS di dekat perbatasan negara ini. Mereka menyebut sikap Washington ini diambil guna memperkeruh kondisi kawasan termasuk negara bagian Balochistan. 

 

Sumber : IRIB/IRNA
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES