Jumat, 08 Juni 2012, 06:11 WIB

Iran: Barat Sedang Bermain Api

Red: Endah Hapsari
hawlati.co
Parade tentara di Hari Tentara Nasional Iran
Parade tentara di Hari Tentara Nasional Iran

REPUBLIKA.CO.ID, Ketua Parlemen Iran (Majlis) Ali Larijani memperingatkan upaya kekuatan dunia mendistorsi perlawanan rakyat di kawasan seraya mengatakan bahwa upaya-upaya mereka sama dengan bermain api.

 

Hal itu dikemukakan Larijani dalam pertemuannya dengan Pengawas Finansial dan Auditor Utama India, Vinod Rai, di Teheran Rabu. "Kekuatan dunia berusaha untuk mengubah situasi di negara-negara berubah menguntungkan mereka sendiri dengan menggunakan kekuatan. Aksi mereka sama seperti bermain api,'' ujar Larijani.

Larijani juga menekankan bahwa perluasan hubungan Teheran-New Delhi sejalan dengan pandangan Iran ke Timur dan menyatakan, "Majlis mendukung setiap upaya yang bertujuan memperkuat hubungan bilateral dalam kerangka kepentingan bersama, khususnya dalam memperkuat kerja sama regional di berbagai bidang."

Pemimpin parlemen Iran juga menekankan pentingnya peningkatan lebih lanjut hubungan bilateral di bidang politik, ekonomi dan budaya.

Di lain pihak, Vinod Rai, menilai langkah-langkah anti-Iran oleh Barat tidak berarti, seraya menekankan pentingnya perluasan hubungan politik, ekonomi dan perdagangan dengan Republik Islam.

 

Sumber : IRIB/IRNA