Rabu, 8 Zulqaidah 1435 / 03 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

'Keakraban Iran-Turki Mampu Gagalkan Rencana Musuh'

Jumat, 25 Mei 2012, 07:53 WIB
Komentar : 1
Iran - ilustrasi
Iran - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Duta Besar Iran untuk Turki Bahman Hosseinpour mengatakan rasa saling percaya antara pejabat kedua negara tetangga telah menggagalkan plot pihak yang berusaha mengganggu hubungan bilateral Ankara-Teheran.

Dalam pertemuan dengan Volkan Bozkar, ketua Komite Luar Negeri Turki, Hosseinpour menyinggung empat dekade hubungan baik antara Iran-Turki dan menggambarkan kedua negara sebagai sekutu lama.

Hosseinpour lanjut menyerukan intensifikasi upaya untuk mempromosikan hubungan bilateral antara kedua negara, khususnya yang berkaitan dengan ekspansi perdagangan dan kepabeanan.

Dalam pertemuan dengan Menteri Pembangunan Turki Cevdet Yilmaz di Tehran pada hari Selasa (22/5), Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad juga mengatakan Teheran dan Ankara harus menggunakan kesempatan untuk meningkatkan hubungan bilateral mereka, terutama dalam perdagangan.

Iran dan Turki telah meningkatkan hubungan perdagangan selama beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2000, tingkat perdagangan bilateral hanya sekitar satu miliar dolar, tetapi pada tahun 2010, melebihi 10 miliar dolar. Dan tahun lalu, melesat mencapai 15 miliar dolar.

Kedua belah pihak berusaha untuk meningkatkan neraca perdagangan bilateral mereka menjadi 30 miliar dolar pada tahun 2015. 

Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : IRIB/IRNA
Hadis riwayat Abu Musa ra., ia berkata: Aku pernah bertanya: Wahai Rasulullah, Islam manakah yang paling utama? Rasulullah saw. bersabda: Orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Alhamdulillah, Masjid Pertama di Alaska Resmi Dibuka
ALASKA -- Alhamdulillah, sebuah masjid di Alaska resmi dibuka sekaligus menjadi bangunan masjid pertama disana. Seperti dilansir dari Onislam.com, Selasa (2/9), masjid ini...