Friday, 25 May 2012, 06:18 WIB

'Serang Iran Picu Bencana Seluruh Kawasan'

Red: Endah Hapsari
Iran - ilustrasi
Iran - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Kelompok Kampanye Perlucutan Senjata Nuklir (CND) mengirim surat kepada Perdana Menteri Inggris David Cameron untuk mendapat jaminan bahwa London tidak akan terlibat dalam aksi militer ilegal terhadap Iran.

"Langkah itu adalah tanggapan terhadap panggilan pemerintah mengenai keterlibatan dalam aksi militer terhadap Iran," tulis CND dalam suratnya yang dilayangkan kepada Cameron baru-baru ini.

Anggota kabinet senior telah meminta rekomendasi dari Kejaksaan Agung mengenai berbagai pilihan tentang program energi nuklir Iran termasuk memberikan dukungan diplomatik terhadap Israel maupun menggunakan Royal Navy untuk mencegah aksi Teheran menutup Selat strategis Hormoz.

Namun, CND mengatakan telah mengirimkannya sendiri saran kepada pemerintah,  seraya mengungkapkan kekhawatiran tentang meningkatnya retorika militer London berkenaan masalah ini.

"Surat ini untuk mengingatkan Perdana Menteri bahwa tidak ada bukti konkret untuk mendukung kekhawatiran Barat [tentang program sipil nuklir Iran] dan intervensi militer maupun ancaman tidak jelas dan ilegal," tegas CND.

Sekretaris Jenderal CND Kate Hudson menyerukan penyelesaian konflik melalui negosiasi berdasarkan prinsip saling menghormati dan kesetaraan.

"Konsekuensi dari serangan militer terhadap Iran akan menjadi bencana tidak hanya untuk negara itu, tetapi untuk kawasan secara keseluruhan. Prinsip dialog dan diplomasi atas dasar kesetaraan dan saling menghormati merupakan satu-satunya solusi,'' kata Hudson.

 

Sumber : IRIB/IRNA
loading...