Rabu, 7 Zulhijjah 1435 / 01 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Gelombang Pertama Pasukan AS Tiba di Australia

Rabu, 04 April 2012, 15:20 WIB
Komentar : 0
globalpost.com
Pasukan Amerika di Australia
Pasukan Amerika di Australia

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Detasemen pertama tentara AS yang berjumlah 200 tentara tiba dari Hawaii di Robertson Barracks, Australia, Selasa dini hari (3/4).

Mereka tiba di pusat pelatihan gabungan permanen sebagai bagian dari perubahan kebijakan militer AS di kawasan Asia Pasifik. Mereka adalah gelombang pertama dari 2.500 tentara yang nantinya akan datang ke Australia hingga 2017.

November lalu, Presiden Barack Obama mengumumkan rencana mengirim lebih banyak pesawat militer dan marinir. Rencana tersebut bertujuan melindungi kepentingan AS di Asia.

Perdana Menteri Australia Julia Gillard mengatakan, para tentara akan dirotasi setiap enam bulan. Dalam pelatihan tersebut tidak ada perlengkapan dan kendaraan berat yag terlibat. Pelatihan udara dan laut juga akan diminimalisir.

"Tidak ada pangkalan militer AS di Australia dan akan tetap begitu," katanya, Rabu (4/4).

Kedatangan tentara AS disambut oleh Menteri Pertahanan Australia Stephen Smith. Dalam sambutannya di barak tentara, kedatangan para tentara adalah hari bersejarah yang menandai 61 tahun hubungan diplomatik antara AS dan Australia.

"Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, penempatan tentara AS ini adalah hal yang baik," kata Smith kepada ABC radio seperti dikutip dari AFP, Rabu (4/4).

"Kami tidak melihat Cina dan India sebagai ancaman," kata Smith.


Reporter : Ani Nursalikah
Redaktur : Hafidz Muftisany
Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS Al-Baqarah [2[:82)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Hasyim Muzadi: Pilkada oleh DPRD Bisa Timbulkan Polusi Pemikiran
 JAKARTA -- Mantan Ketua Umum NU, Hasyim Muzadi menilai disahkannya pemilihan kepala daerah oleh DPRD disinyalir mampu menurunkan kredibilitas kepala daerah. Selain itu diberikannya...