Minggu, 20 Jumadil Akhir 1435 / 20 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Korut Lakukan Uji Coba Rudal Jarak Dekat

Jumat, 30 Maret 2012, 11:33 WIB
Komentar : 0
AFP
Rudal Korut yang diluncurkan pada 2009
Rudal Korut yang diluncurkan pada 2009

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Korea Utara (Korut) meluncurkan dua rudal jarak dekat di pantai barat, Kamis (29/3). Berdasarkan pernyataan militer Korea Selatan, peluncuran tersebut dipercaya sebagai bagian dari uji coba meningkatkan kemampuan rudal. Sejauh ini, Korut telah dua kali melakukan uji coba nuklir.

Dalam beberapa pekan terakhir, Korut membuat situasi memanas, karena mengumumkan akan meluncurkan satelit cuaca ke luar angkasa. Negara kawasan memperingatkan agar Korut membatalkan rencananya tersebut karena melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB. Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) mengatakan, negara itu akan meluncurkan uji coba rudal.

"Peluncuran tersebut diyakini untuk meningkatkan kemampuan rudal dan tidak memiliki kaitan langsung dengan peluncuran rudal jarak jauh Korut," ujar pernyataan militer Korea Selatan dalam surat kabar Chosun Ilbo, seperti dikutip Reuters, Jumat (30/3).

Pernyataan serupa juga dimuat di surat kabar Joongang Ilbo. Pejabat militer Korea Selatan dari Joint Chiefs menolak mengkonfirmasi laporan tersebut. Menurut mereka, bukan kewenangan mereka untuk memberikan keterangan publik terkait aktivitas intelijen.

Peluncuran tersebut direncanakan antara 12-16 April. Korut mengeklaim peluncuran itu untuk menandai ulang tahun ke 100 pendiri negara itu Kim Il-sung. Rencana peluncuran tersebut juga mendapat kritik dari Cina dan para ahli meragukan kemampuan Korut dalam hal itu.

Reporter : Ani Nursalikah
Redaktur : Dewi Mardiani
Sesungguhnya Kami telah mengutus (Muhammad) dengan kebenaran; sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan kamu tidak akan diminta (pertanggungjawaban) tentang penghuni-penghuni neraka. ((QS.Al-Baqarah [2]:119))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  sauqiazmi Minggu, 15 April 2012, 01:53
saya sangat mendukung apa yang di lakukan korut. memiliki senjata untuk membela diri adalah hak dari sebuah negara berdaulat,,, hidup korut............