Rabu, 28 Maret 2012, 14:28 WIB

Ahmadinejad: Suriah Harus Waspadai AS

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Hafidz Muftisany
Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad
Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad

REPUBLIKA.CO.ID,  TEHERAN -- Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan AS berencana untuk memantapkan dominasinya di Suriah. Namun, Iran akan terus mendukung Suriah melawan konspirasi asing.

Pernyataan tersebut dilontarkan di sela-sela pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Meqdad, Selasa (27/3).

"Sudah jelas bahwa Barat berencana menanamkan hegemoninya di Iran dan Suriah. Mereka menyuburkan Zionis dengan mendengungkan slogan kebebasan dan hak asasi manusia," kata Ahmadinejad, seperti dikutip dari laman www.abna.ir, Rabu (28/3).

Ia menambahkan, dengan slogan tersebut AS berencana mengukuhkan dominasinya di Suriah, Libanon, Iran dan negara lain. Ahmadinejad menyeru agar mereka waspada menghadapi rencana tersebut.

Ahmadinejad juga mengkritik sikap Liga Arab terhadap Suriah. Menurutnya, sebagian negara Arab yang notabene tidak pernah melaksanakan pemilihan umum justru menasihati Suriah untuk menghormati demokrasi.

"Saya senang pemerintah Suriah mampu menangani konflik dengan percaya diri. Saya harap situasi di Suriah akan membaik," katanya.

Meqdad berterima kasih kepada Ahmadinejad atas sikapnya terhadap Suriah. Ia mengatakan, pemerintah Suriah sedang mengusahakan kerja sama dengan Liga Arab dan PBB. Meqdad menambahkan, situasi di negara kian membaik.