Selasa, 21 Februari 2012, 10:56 WIB

Amerika Serukan Persenjatai Oposisi Suriah

Rep: Lingga Permesti/ Red: Hafidz Muftisany
history.howstuffworks.com
Senator partai republik AS John McCain
Senator partai republik AS John McCain

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS --  Senator dari Partai Republik AS  John McCain menyerukan  untuk memberikan senjata kepada oposisi Suriah agar dapat melawan pasukan Presiden Bashar al-Assad, namun tidak termasuk bantuan langsung AS.

"Saya tidak menyerukan pasokan langsung dari senjata oleh Amerika Serikat," katanya dalam konferensi pers di Kairo.

Ia memberi contoh Libya dalam konflik sebelumnya. “ada cara untuk mendapatkan senjata kepada orang-orang sehingga mereka dapat mempertahankan diri." Katanya. Menurutnya, mempersenjatai oposisi adalah opsi menjatuhkan rezim al-Assad.

“Sudah saatnya  memberi (oposisi) sarana untuk melawan dan menghentikan pembantaian, " katanya, sambil menggarisbawahi bahwa Iran dan Rusia telah memasok bantuan militer kepada rezim Suriah.

Kekerasan terakhir terjadi di Baba Amr.Hadi Abdullah dari Komisi Jenderal Revolusi Suriah menuntut perjalanan yang aman untuk memungkinkan perempuan dan anak untuk meninggalkan distrik. "Kami ingin perempuan dan anak untuk diizinkan pergi," katanya kepada AFP dan menambahkan bahwa  warga menderita karena cuaca buruk dan kondisi mereka yang menyengsarakan.