Sabtu, 8 Muharram 1436 / 01 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

AS Akhirnya Mengaku, Pesawat Siluman Mereka Sudah Dikuasai Iran

Selasa, 06 Desember 2011, 10:24 WIB
Komentar : 0
Reuters
Pesawat mata-mata AS yang ditembak jatuh di Iran timur
Pesawat mata-mata AS yang ditembak jatuh di Iran timur

 

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON--Amerika Serikat kena batunya. Baru saja kemarin membantah kalau pesawat super canggih mereka berada di tangan Iran, kini pejabat militer AS sendiri membenarkan kabar itu.

"Iran sudah memiliki pesawat siluman kami yang kemarin dikabarkan jatuh ditembak," kata pejabat senior militer AS pada Fox News.

"Dengan pesawat canggih itu di tangan mereka, ini jadi durian jatuh bagi Iran karena teknologi pesawat itu bisa meeka ketahui," lanjut si pejabat.

Pesawat dimaksud adalah RQ-170. ini jenis pesawat siluman tanpa awak yang super canggih. Saking rahasianya, Pentagon enggan merilis foto jenis pesawat ini pada pers. Pesawat ini biasa digunakan di Afghanistan. Julukannya 'The Beast of Kandahar' dan ia berperan penting dalam sergapan yang menewaskan Usamah bin Ladin beberapa bulan lalu.

Militer AS hanya mengatakan kalau pesawat ini sudah berada di tangan Iran. Hanya saja mereka tidak menegaskan bagaimana pesawat itu bisa berpindah tangan. Apakah ditembak jatuh oleh Iran atau bagaimana. Si pejabat mengklaim tidak ada indikasi kalau Iran bisa menembak pesawat siluman ini.

Sebelumnya pekan lalu pasukan AS di Afghanistan menyatakan kehilangan kontak dengan pesawat ini saat menjalankan misi di bagian barat Afghanistan. 

Pesawat canggih ini buatan Lockheed Martin. Tubuhnya dilengkapi sistem antiradar dan bisa menyusup ke daerah manapun. Tinggi terbangnya mencapai 50 ribu kaki. Pesawat seharga enam juta dolar AS per unit ini bukan pesawat militer, melainkan hanya pengintai.

 

Redaktur : Stevy Maradona
Sumber : Fox News
Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Pembahasan Presiden Rwanda dan Ketua DPD RI
JAKARTA --  Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman kedatangan Presiden Rwanda, Paul Kagame di Komplek Parlemen Senayan, Jumat (31/10). Ada beberapa hal...