Senin, 3 Jumadil Akhir 1439 / 19 Februari 2018

Senin, 3 Jumadil Akhir 1439 / 19 Februari 2018

Iran Terus Jadi Bulan-Bulanan AS, Kali Ini Disebut 'Negara Paria'

Senin 05 Desember 2011 21:36 WIB

Red: Stevy Maradona

Iran-Amerika

Iran-Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL--Iran terus jadi bulan-bulanan provokasi Israel dan sekutunya. Kali ini datang dari pejabat senior Amerika Serikat yang mengatakan situasi program nuklir Iran sudah sangat pelik dan butuh penyelesaian secepatnya.

"Iran sudah melanggar kewajiban internasional dan norma-norma internasional. Iran menjadi negara paria (golongan masyarakat terendah-RED)," demikian kata Robert Einhorn, pejabat Senior Deplu AS Bidang NonProliferasi dan Kontrol Persenjataan, Senin.

Israel dan AS memang penasaran dengan fasilitas nuklir Iran. Menurut dua negara ini, mengutip dari laporan Badan Atom Internasional, Iran punya niat lain atas program nuklirnya, yaitu militer.

Israel ketakutan, bilamana itu benar. Karena kepemilikan nuklir untuk senjata oleh Iran akan memicu negara lain di Timur Tengah berbuat demikian. Sementara ini, Israel kemungkinan besar, satu-satunya negara yang memiliki persenjataan nuklir di Timteng.

Bersama AS dan Inggris, mereka menerapkan sanksi ekonomi atas Iran. Namun Iran bersikeras, fasilitas nuklirnya hanya untuk masyarakat sipil. Iran, sebaliknya, menuding Israel dan AS yang punya ribuan hulu ledak nuklir tapi dibiarkan saja oleh masyarakat internasional.

Sumber : Jerusalem Post
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Jujitsu West Java Open Championship I

Ahad , 18 Februari 2018, 20:49 WIB