Kamis, 17 Jumadil Akhir 1435 / 17 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Israel Sesumbar, 'Tak Perlu Pendapat atau Dukungan Negara Lain Kalau Kami Mau Serang Iran'

Jumat, 02 Desember 2011, 08:27 WIB
Komentar : 0
AP
Ehud Barak
Ehud Barak

 

REPUBLIKA.CO.ID, JERUSALEM —Menteri Pertahanan Israel, Ehud Barak, terus melempar provokasi atas Iran terkai faslitas nuklrnya. Kali ini Barak mengatakan, Israel tak punya pilihan lain untuk tidak menyerang Iran.

"Kita sebenarnta tak butuh perang soal nuklir ini, tapi mungkin saja kami terpaksa harus melakukannya," kata Barak pada Radio Israel, Kamis.

Menurut dia, upaya non diplomatim untuk menyelesaikan masalah nuklir Iran adalah pilihan terakhir. "Karena, buktinya, seluruh opsi penyelesaian yang ada sudah ditawarkan ke Iran," lanjut dia.

Ia berharap sanksi diplomatik dan ekonomi yang diterapkan ke Iran bisa mengubah kebijakan nuklir, yang ditakutkan Israel sebagai tekonologi militer itu.

Beberapa pekan terakhir ketegangan antara Iran-Israel-Eropa terus berjecamuk terkait fasilitas nuklir Iran. Israel dan sekutunya menuding Iran punya teknologi nuklir yang mendekati teknologi militer dan bisa memrakit bom nuklir. Iran bersikukuh teknologi nuklir mereka hanya untuk sipil, terutama listrik.

Israel kemudian mengumandangkan rencana perangnya atas Iran. Sejumlah pejabat AS dan pakar Timur Tengah menentang aksi ini karena dianggap bisa memicu perang kawasan dan dampak ekonominya lebih parah.

 Namun, Barak menegaskan, Israel tak butuh pendapat negara lain bila maju ke medan perang. "Kami negara berdaulat. Kami sendirilah yang bertanggung jawab atas keamanan kami, masa depan kami," kata dia.

 

 

Redaktur : Stevy Maradona
Sumber : AP
Jauhkanlah diri kamu daripada sangka (jahat) karena sangka (jahat) itu sedusta-dusta omongan, (hati)(HR Muttafaq Alaih )
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  Gazali Rabu, 14 Desember 2011, 14:09
Zionis Israel kalau coba-coba serang Iran maka segera akan tiba masa kemusnahan negara zionis ini di muka bumi,...
  Barata Selasa, 6 Desember 2011, 22:21
Ayo Iran hapus Israel dr muka bumi ini...
kami mendukungmu
dan membantumu dg doa...
  Airiel Selasa, 6 Desember 2011, 09:32
Smpai onta msuk dlam lubang jarum pun, israel mstahil berani serang iran, apalgi iran dpt dkungan dri china n rusia, krena israel is bngsa pngcut, mnghdapi kapal mavi marmara aja hrus pke tntra super lengkap
  Ferdi Minggu, 4 Desember 2011, 18:49
semakin banyak orang yang mulai menyangsikan "KEHEBATAN&KELUARBIASAAN;" israil selama ini. Jangan-jangan hanya mitos untuk menutupi kekurangan dan kelemahan mereka di muka bumi ini. Ayo Iran, GANYANG israil....
  agus sofyan Minggu, 4 Desember 2011, 18:27
PR buat negara-negara muslim didunia. Kompak-kompaklah seperti Uni Eropa. Nggak kayak negara-negara arab yang mau dipecah belah oleh asing. Ingat...demokrasi ala islam beda dengan demokrasi ala barat. Aku mendukungMu Iran.... dalam do'a. semoga menjadi negara yg kuat. Andalan negara muslim.