Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Cina Lakukan Latihan Militer dengan Amunisi Hidup

Selasa 24 April 2018 15:50 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Nidia Zuraya

Pangkalan militer Cina di Pulau Spratly

Pangkalan militer Cina di Pulau Spratly

Foto: Francis Malasig/Pool Photo via AP
Cina kerahkan kapal induk dalam latihan militer di Pasifik barat dan Selat Taiwan

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina dilaporkan telah melakukan latihan militer dengan amunisi hidup di Laut Cina Timur. Kantor berita Xinhua pada Senin (23/4) melaporkan, latihan ini merupakan bagian dari serangkaian latihan militer udara dan laut yang telah dilakukan Cina selama 10 hari terakhir.

Xinhua mengatakan formasi militer Cina, termasuk kapal induk Liaoning dan pesawat tempur J-15, melakukan pelatihan anti-pesawat dan anti-kapal selam. Mereka berlatih untuk mencegat jet musuh, menembakkan rudal anti-udara dari kapal-kapal yang mengelilingi kapal induk, dan menghindari serangan kapal selam musuh.

Namun kantor berita itu tidak mengungkapkan secara detail di mana tepatnya latihan militer itu berlangsung. Xinhua hanya mengatakan latihan dilakukan di wilayah Laut Cina Timur.

Pengerahan formasi kapal induk telah dilakukan Cina dalam latihan militer di Pasifik barat, Laut Cina Selatan, dan Selat Taiwan. Latihan tersebut bahkan memicu kecaman dari Taiwan yang menyebutnya sebagai tindakan intimidasi.

Cina mengklaim Taiwan, yang memiliki pemerintah sendiri, sebagai bagian dari wilayahnya, di bawah kebijakan "satu Cina". Beijing tidak pernah menggunakan kekuatan militernya untuk memaksa Taiwan untuk berada di bawah kendalinya.

Sumber : Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA