Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

Upaya Baru Pencarian MH370 Diperkirakan Selesai Juni

Sabtu 03 Maret 2018 22:52 WIB

Red: Andri Saubani

Pencarian ekstensif gagal untuk menemukan bangkai pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang.

Pencarian ekstensif gagal untuk menemukan bangkai pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang.

Foto: Reuters/Andrew Winning
Pemerintah Malaysia menandatangani kesepakatan 'jika tidak berhasil tidak dibaya'.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Upaya baru untuk menemukan pesawat penerbangan MH370 Malaysia Airline diperkirkan akan selesai pada Juni. Sementara itu, keluarga para penumpang pesawat tersebut memperingati tahun keempat sejak penerbangan menghilang.

Setelah upaya pencarian sebelumnya mengalami kegagalan untuk menemukan pesawat itu di wilayah seluas 120.000 kilometer persegi, pemerintah Malaysia pada Januari menandatangani kesepakatan dengan perusahaan eksplorasi yang berpusat di Amerika Serikat, Ocean Infinity. Kesepakatan ditandatangani untuk melanjutkan pencarian dengan dasar perjanjian 'jika tidak berhasil, tidak dibayar' dalam waktu 90 hari.

Pada pertemuan yang diadakan Sabtu (3/3) untuk memperingati tahun keempat menghilangnya MH370, Direktur Jenderal Badan Penerbangan Sipil Malaysia Azharuddin Abdul Rahman, mengatakan kepada para keluarga bahwa masa 90 hari itu tidak termasuk hari-hari saat Seabed Constructor. Yaitu, kapal yang dioperasikan Ocean Infinity, meninggalkan daerah pencarian untuk mengisi bahan bakar dan pasokan di pelabuhan terdekat setiap 26 hari.

"Saya perkirakan pencarian ini akan selesai pada awal atau pertengahan Juni," katanya kemudian kepada para wartawan.

Ia mengatakan penyisiran telah memasuki wilayah kedua pencarian seluas 10.000 kilometer persegi setelah pencarian pertama di daerah seluas 5.000 kilometer tidak membuahkan hasil. Pencarian akan dilakukan lebih jauh ke arah utara jika pesawat nahas itu tidak ditemukan pada wilayah sekitar 25.000 kilometer persegi seperti yang direkomendasikan para penyelidik Australia.

" rencana pemulihan keadaan sedang diselesaikan dengan badan-badan Malaysia dan Australia jika pesawat itu ditemukan," kata Azharuddin.

Ia menambahkan bahwa target-target utama bagi pemulihan adalah masih berkisar pada langkah untuk mengamankan dua kotak hitam. Informasi terbaru, yang dikeluarkan pemerintah Malaysia secara mingguan mengenai perkembangan pencarian, mengungkapkan bahwa total luas wilayah yang telah disisir hingga 25 Februari adalah 8.200 kilometer persegi.

Sejauh ini, belum ada kontak penting yang bisa diidentikasi. MH370 menghilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014 dengan membawa 239 orang di dalamnya.

Sumber : Antara/Xinhua
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES