Friday, 7 Jumadil Akhir 1439 / 23 February 2018

Friday, 7 Jumadil Akhir 1439 / 23 February 2018

Curi Mobil Pakai Facebook, Pria Canberra Dipenjara 2,5 Tahun

Selasa 30 January 2018 17:07 WIB

Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi

Ilustrasi

Foto: Reuters/Robert Galbraith
Joshua Dean Ridgeway (22 tahun) mengaku bersalah atas dua tuduhan perampokan.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Seorang pria Canberra yang mencuri mobil, dan dengan cepat diidentifikasi oleh polisi karena ia menggunakan akun Facebook miliknya untuk memancing korban telah dipenjara oleh Mahkamah Agung Wilayah Ibukota Australia (ACT).

Joshua Dean Ridgeway (22 tahun) mengaku bersalah atas dua tuduhan perampokan yang dilakukan selama dua hari pada September tahun lalu. Pada kejadian pertama, Ridgeway mengancam seorang penjaga toko yang menantangnya saat ia mencoba meninggalkan toko peralatan kemah di wilayah Fyshwick dengan barang-barang curian, termasuk pisau berburu berukuran 30 sentimeter.

Keesokan harinya, Ridgeway mengadakan pertemuan di Facebook dengan seorang pria yang menjual mobilnya. Selama uji coba mengemudi, Ridgeway menarik pisau dan menyuruh pemilik mobil untuk keluar dan tak menghubungi polisi.

Pengacara Ridgeway, Bridget Dunne mengatakan kepada pengadilan kliennya mencari uang untuk narkoba pada saat melakukan pelanggaran. "Tak satu pun pelanggaran direncanakan sangat rumit," kata Dunne.

Ia mengatakan kepada sidang polisi menangkap Ridgeway dengan mudah karena ia telah menggunakan akun Facebook-nya sendiri untuk memancing korban kedua. "Ia tak berusaha menyembunyikan pelanggaran itu," ujarnya.

Dunne mengatakan, kini Ridgeway mengakui obat-obatan terlarang merupakan masalah serius baginya dan telah mencari pertolongan. "Ia merasa ngeri dengan tingkah lakunya sendiri," ujar Dunne.

Pelanggaran tak tahu malu

Namun jaksa penuntut, Amanda Mifsud mengatakan kepada pengadilan kejadian itu serius bagi kedua korbannya. Pemilik mobil menjelaskan ke pengadilan ia takut dengan rasa sakit yang mengganggu seperti "ada yang menggelitik” perutnya namun diperbesar berkali-kali.

Dalam kasus insiden toko, ia mengatakan Ridgeway tak peduli siapa lagi yang ada di sana, termasuk pelanggan dan staf lainnya. Hakim Michael Elkaim setuju bahwa pelanggaran tersebut serius.

"Keduanya melibatkan ancaman terhadap orang yang tak diragukan lagi merasa ketakutan," katanya.

Ia juga mengatakan pengaruh obat bukanlah faktor yang meringankan. "Orang-orang yang melakukan pelanggaran berdasarkan pengaruh obat terlarang harus tahu hal itu tidak akan mengurangi kesalahan mereka," ujar Hakim Elkaim.

Ridgeway telah dijatuhi hukuman dua setengah tahun penjara, namun akan berhak dibebaskan pada Maret tahun depan.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

 

Sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/gunakan-facebook-untuk-curi-mobil-pria-canberra-dipenjarakan-2/9376642
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Kondisi Setelah Putusnya Jembatan Sunut

Jumat , 23 February 2018, 15:00 WIB