Sunday, 30 Jumadil Akhir 1436 / 19 April 2015
find us on : 
  Login |  Register

Berlawanan Arah, Gerak Puing Banjir dan Sampah di Laut

Tuesday, 13 August 2013, 10:23 WIB
Komentar : -1
Sampah dan barang-barang di laut
Sampah dan barang-barang di laut

CANBERRA -- Tim peneliti Australia menyebutkan, suatu studi baru mengenai sampah di lautan menunjukkan barang-barang yang terbawa ke laut oleh banjir bergerak pada arah berlawanan dari sampah umum yang dibuang di lepas pantai.

Tim peneliti dari Universitas Queensland Tengah (CQU) itu meneliti kemana sampah pergi setelah dibuang di lepas pantai timur Queensland. Data dikumpulkan dari alat pelacak mirip GPS yang mengapung di sepanjang samudera dalam botol plastik.
 
Pada umumnya barang-barang yang dibuang di Laut Coral bergerak ke utara, sepanjang Great Barrier Reef.
 
Akan tetapi kalau air dari sungai-sungai itu membawa air banjir, puing-puingnya bergerak ke luar Great Barrier Reef, dan menuju ke selatan bersama dengan arus Australia timur. Menurut penelitinya, Scott Wilson, dari situ semuanya --mulai dari sampah sampai sofa dan kulkas-- bergerak keliling dunia mengikuti arus lautan.
"Bahkan bisa kembali lagi, tapi mungkin setelah puluhan tahun," kata Wilson.
Sumber : http://www.radioaustralia.net.au/indonesian/2013-08-13/berlawanan-arah-gerak-puing-banjir-dan-sampah-di-laut/1175126
(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.(QS:Al Baqarah 197)
FOTO TERKAIT:
VIDEO TERKAIT:
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar