-
In Picture: Langkah Nyata Melindungi Hutan dari Kebakaran (2)
Selasa , 26 September 2017, 23:37 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, KETAPANG -- Lansekap seluas 57.000 hektar itu menjadi salah satu lansekap gambut yang tersisa keutuhannya dan sedang terancam oleh aktivitas bisnis di sekellilingnya.

Kerugian akibat kebakaran hutan tidaklah kecil, kebakaran lahan serta asap yang ditimbulkan mengakibakan puluhan orang meninggal dan ratusan ribu orang sesak nafas setiap tahunnya.


Sebagai warga Ketapang, saya tergerak ikut dalam Tim ini untuk mengetahui bagaimana teknik memadamkan api dan mencegah kebakaran menyebar, serta melindungi tempat tinggal saya,” ujar Jane Yolanda, salah satu anggota Tim Cegah Api. Ia tidak menginginkan jika Ketapang khususnya ataupun Kalimantan kembali dilanda bencana kebakaran seperti 2015. 


Kerugian lainnya yakni hilangnya keanekaragaman hayati, salah satunya yaitu berkurangnya populasi satwa endemik seperti Orang Utan.
Oleh sebab itu, akar permasalahan harus disasar, yaitu dengan perbaikan tata kelola dalam melindungi hutan dan lahan gambut secara total, Sehingga tidak ada lagi kebakaran. Hutan dan gambut dapat terlindungi serta memberi manfaat lebih besar bagi kehidupan.

 

Redaktur : Yogi Ardhi Cahyadi
Reporter : Prayogi