-
In Picture: Pengabdian Bidan di Daerah Terpencil (Bagian 2)
Senin , 30 Januari 2017, 01:10 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG -- Sebulan sekali ia dibantu bidan mandiri Rurita rajin mendatangi sejumlah posyandu, salah satunya di Dusun Nampu. Jika kondisi debit air sungai tinggi, dan sungai tidak bisa diseberangi ia terpaksa menunda kunjungannya untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi 44 kepala keluarga dan lima balita di desa itu. 

 

Pada awal-awal penugasannya di tahun 2001 lalu, ia sempat berkecil hati karena melihat medan yang cukup berat, minim sarana dan prasarana. Namun semua kendala itu akhirnya terbayarkan saat melihat sambutan warga desa yang hangat dan sangat mengharapkan kehadirannya sehingga makin bersemangat untuk menjalankan tugasnya. 

 

Dengan dukungan warga desa, bidan Nurul bertekad untuk lebih meningkatkan pengabdiannya dengan memberi layanan yang lebih untuk menekan angka kematian ibu saat melahirkan dengan memberi sosialisasi dan penanganan cara persalinan yang tepat dan tidak membahayakan bagi ibu-ibu warga desa yang masih akrab dengan persalinan yang dilakukan para dukun bayi tradisional. 

Redaktur : Yogi Ardhi Cahyadi
Reporter : Syaiful Arif
FOTO TERKAIT: