Minggu, 12 Ramadhan 1439 / 27 Mei 2018

Minggu, 12 Ramadhan 1439 / 27 Mei 2018

In Picture: Rapat Dengar Pendapat KPK dengan Komisi III DPR RI

Selasa 12 September 2017 23:02 WIB

Rep: Yasin Habibi, Fauziah Mursid/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Foto: Republika/ Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Komisi III DPR RI menggelar rapat dengar pendapat di Gedung Kompleks Parlemen di Jakarta, Selasa (12/9). Agus Rahardjo selaku Ketua KPK mengklarifikasi pernyataannya soal pertimbangan untuk menerapkan pasal terkait obstruction of justice atau perbuatan menghalang-halangi proses hukum kepada Pansus Angket DPR. Agus meminta maaf jika pernyataannya tersebut menyinggung anggota DPR, bahkan terkesan mengancam.

Hal itu disampaikan Agus saat menanggapi pertanyaan Anggota Komisi III DPR Junimart Girsang terkait maksud pernyataan Agus tersebut. "Bapak sebagai simbol KPK harus faham tentang apa yang hendak disampaikan kepada public. Harus faham tentang nilai hukum, dampak dari apa yang disampaikan. Ini harus saya sampaikan. Saya baru pulang dari dapil saya. Di sana banyak pertanyaan. Mereka nanya apakah obstruction of justice itu," katanya.

Hal ini juga kemudian diinterupsi oleh Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP lainnya Masinton Pasaribu. Menurutnya, meski secara pribadi memaafkan Agus, namun ia kembali mengingatkan hal tersebut tidak dilakukan. "Ini pernyataan datang dari pimpinan lembaga negara kalau datang dari masyarakat, saya maklum. Pimpinan lembaga negara apalagi penegak hukum dia memiliki implikasi apapun setiap pernyataan. Kita jangan asal ngomong terlepas dari maaf itu saya terima tapi tetap diperingatkan," katanya.

Sumber : Republika

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA