Sunday, 9 Jumadil Akhir 1439 / 25 February 2018

Sunday, 9 Jumadil Akhir 1439 / 25 February 2018

In Picture: Peserta Fun Science Republika Belajar Membuat 'Pelangi'

Sabtu 12 August 2017 22:49 WIB

Rep: Wihdan Hidayat, Muhyiddin/ Red: Yogi Ardhi Cahyadi

Peserta Republika Fun Science berfoto bersama usai kegiatan bermain sambil belajar.

Foto: Wihdan Hidayat/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan anak sekolah dasar mengikuti kegiatan Republika Fun Science di Gedung Republika, Warung Buncit, Jakarta, Sabtu (12/8). Acara ini menjadi ajang liburan bagi anak-anak sambil belajar ilmu pengetahuan alam dan matematika.

Sekitar pukul 09.00 WIB, tampak para orang tua siswa memenuhi gedung lantai dasar gedung Republika. Ibu-ibu tersebut menunggu anak-anak mereka yang sedang bermain bersama beberapa guru dari Klinik Pendidikan MIPA (KPM).

Di dalam ruangan, tampak anak-anak tengah sibuk belajar berkelompok. Di sekitar mereka terdapat beberapa alat permainan pelajaran IPA dan Matematika. Kegiatan kali ini bertema 'Belajar dengan Permainan Sudoku, PBM, Tangram, juga Roket Kantung Teh dan Pelangi'.

Saat mengajar siswa, Ina mencoba memperkenalkan alat-alat yang digunakan untuk membuat pelangi, seperti tujuh buah gelas, tanung reaksi atau mangkuk, dan pipet. Dengan pelajaran ini, kata dia, anak-anak akan dapat membuat pelangi sendiri di rumah.

Sebelum anak-anak mempraktikkan, dia pun mempersiapkan bahan yang terdiri dari air, sabun cair, dan pewarna makanan (merah, kuning, dan biru). Setelah itu, puluhan anak-anak itu pun dibagi beberapa kelompok untuk belajar. 

Sumber : Republika

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA