Monday, 3 Jumadil Akhir 1439 / 19 February 2018

Monday, 3 Jumadil Akhir 1439 / 19 February 2018

In Picture: Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Gedung Bank BJB

Sabtu 20 May 2017 06:03 WIB

Red: Mohamad Amin Madani

Perobek bendera Belanda menjadi Merah Putih, di Gedung De Eerste Nederlandsch Indische Spaarkas (DENIS) yang saat ini menjadi Kantor Pusat Bank BJB, di Jl Braga, Kota Bandung.

Foto: Republika/Edi Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, BANDIUNG -- Kota Bandung memiliki banyak kisah heroik dalam sejarah revolusi kemerdekaan. Berbagai pertempuran terjadi di berbagai tempat di Kota Bandung, salah satunya perobekan bendera Belanda dan pengibaran Merah Putih di Gedung  De Eerste Nederlandsch Indische Spaarkas  (DENIS) yang saat ini menjadi kantor pusat Bank BJB di Jalan Braga, Kota Bandung.

Peristiwa di gedung  yang merupakan salah satu karya besar arsitek kelahiran Belanda bernama Albert Frederik Aalbers tersebut terjadi  sekitar September-Oktober 1945.


Kisah heroik ini kerap ditampilkan dalam simulasi pertempuran yang menggambarkan bagaimana heroiknya para pejuang  saat melakukan perobekan bendaera Belanda menjadi Merah Putih yang digelar di depan Gedung DENIS atau kantor Bank BJB,  Seperti yang digelar pada tanggal 17 Okteober 2015 lalu. Dengan acara tersebut diharapkan dapat merekontuksi peristiwa tersebut untuk mengingatkan kembali jasa para pahlawan kepada masyarakat.

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA