Kamis 19 Sep 2013 13:54 WIB

Boediono: Otomotif Industri Tulang Punggung Indonesia

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Citra Listya Rini
IIMS 2013
Foto: IIMS
IIMS 2013

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Boediono membuka secara resmi perhelatan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2013. Dalam sambutannya, Boediono mengungkapkan industri otomotif kedepan akan menjadi tulang punggung bagi kemajuan industri Indonesia lainnya. 

"Indonesia negara yang kaya sumber daya alam, tapi tidak mungkin kedepan tanpa membangun industri. Harus berjalan bersama dengan industri lain," katanya di Jakarta, Kamis (19/9). 

Setidaknya menurut Boediono, ada tiga pilar konsep yang harus diterapkan untuk menciptakan kemajuan industri ini. Pertama, proses meningkatkan nilai tambah. Kemudian program untuk memaksimalkan dampak industri dalam negeri (multiple effect). Terakhir, industri otomotif ini akan menjadi penyokong kebutuhan secara global. 

"Kita ingin industri yang bisa melipatgandakan tenaga kerja, lanhgsung dan tidak langsung," ujar Boediono. 

Tiga pilar ini menurutnya merupakan potensi besar untuk Indonesia,  mengingat Indonesia memiliki ketiga kemampuan tersebut. "Otomotif sangat dekat dengan ketiganya. Industri otomotif punya multiple effect dibidang teknologi, dan ini merupakan industri yang dinamis," kata mantan Gubernur BI ini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement