Autogas Pasarkan Tabung Anti-Ledak
Jumat, 20 September 2013, 19:13 WIB
PT Autogas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Autogas Indonesia melakukan penyempurnaan untuk tabung penyimpanan gas. Tabung terbaru yang berbahan komposit karbon diklaim antimeledak.

"Untuk tipe ini, kemungkinan untuk meledak bisa berkurang sampai nol persen," kata Direktur PT Autogas Indonesia Thomas Nurhakim di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013, Kamis (19/9).  

Tabung tipe 4 (T4) merupakan hasil pengembangan terakhir yang dihadirkan perusahaan distributor konventer kit bahan bakar gas untuk mobil tersebut. Tabung ini tidak menggunakan bahan besi sehingga tidak akan korosi. Selain itu, karena terbuat dari komposit karbon, bobotnya pun jadi lebih ringan.  

"Untuk tabung berukuran 38 liter, bobotnya paling hanya 10,4 kilogram. Bandingkan dengan tabung besi biasa yang dengan kapasitas yang sama yang bisa mencapai lebih dari 40 kilogram," tambah Thomas.

Ia menjelaskan, penyebab tabung gas meledak karena adanya korosi di bagian dalam. Ini lantaran bahan tabung tidak mampu menahan tekanan gas yang cukup tinggi. Ini yang menjadi keunggulan tabung T4.

"Untuk tabung komposite karbon ini, termasuk konventer kit dan instalasi, kita paketkan seharga Rp 22 juta untuk bahan bakar CNG dan Rp 14 juta untuk bahan bakar Vigas. Tapi, selama pameran IIMS 2013, kita diskon Rp 1 juta," imbuh Thomas.

Autogas Indonesia memberikan garansi tabung komposite karbon yang bisa digunakan untuk tioe dan jenis mobil apa pun ini selama 1 tahun. Garansi ini didukung jaringan service yang tersedia di Karawaci, BSD, Palembang, Surabaya dan akan menyusul kemudian di Bali.

Redaktur : Mansyur Faqih
Reporter :
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.