Sabtu 16 Aug 2014 14:21 WIB

Sering 'Mimpi Sadar'? Mungkin Anda Sosok yang Beruntung

Bermimpi
Bermimpi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah penelitian terbaru menyimpulkan orang yang mengalami lucid dreaming atau 'mimpi sadar', yakni saat tidur dia sadar sedang bermimpi, ternyata membuat orang yang bersangkutan memiliki kemampuan lebih baik dalam memecahkan masalah.

"Dapat diyakini, bagi orang tidur yang sadar dia sedang mimpi, mereka bisa melampaui realitas mimpi, dan sadar sedang bermimpi," ujar  peneliti studi, Dr Patrick Bourke sekaligus dosen senior dari Lincoln School of Psychology.

"Kemampuan kogitif yang sama juga ditemukan pada orang yang punya kemampuan berpikir beda untuk memecahkan masalah," tambah Dr Bourke seperti dilansir siaran pers Universitas Lincoln.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Jurnal American Psychological Association ini, para peneliti mempelajari 68 orang berusia 18 dan 25 tahun. Beberapa dari mereka pernah mengalami mimpi sadar dalam waktu satu bulan. 

Para peneliti lalu meminta mereka memecahkan 30 buah masalah yang dibuat untuk menguji wawasan. Masing-masing masalah terdiri atas tiga kata dan satu kata solusi.

Masing-masing dari tiga kata ini dapat dikombinasikan dengan kata solusi untuk menciptakan satu kata majemuk baru. Misalnya, kata sand, age dan mile, maka kata penghubungnya adalah stone. Hasil penelitian memperlihatkan, orang yang beberapa kali mengalami mimpi jelas menyelesaikan 25 persen lebih banyak masalah itu dibandingkan mereka yang tidak atau belum mengalami mimpi yang jelas.

Hannah Shaw, yang juga terlibat dalam studi ini mengatakan, kemampuan mengalami mimpi sadar adalah sesuatu yang dapat dipelajari. "Kami tidak sepenuhnya yakin mengapa beberapa orang secara alami bermimpi jelas, lebih baik dibandingkan yang lainnya, meskipun ini adalah keterampilan yang dapat diajarkan," katanya.

"Misalnya, Kau bisa membiasakan bertanya pada diri sendiri, 'Apakah ini mimpi?'. Jika Kau melakukan hal ini sepanjang hari ketika terjaga dan menjadikannya kebiasaan, maka hal ini dapat menyambung ketika Kau bermimpi," tambah Hannah. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement