Senin 28 Jul 2014 15:00 WIB

7 Tips untuk Wanita yang akan Pensiun (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Nidia Zuraya
Menghitung Dana Pensiun/Ilustrasi
Foto: corbis.com
Menghitung Dana Pensiun/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perempuan rata-rata hidup lebih lama dari pria dan itu adalah berkah. Deana Arnett, seorang konsultan senior di Rosenthal Wealth Management Group mengatakan rata-rata rentang hidup wanita delapan persen lebih lama dibanding pria. Namun, faktanya perempuan memiliki seperangkat masalah, khususnya perencanaan keuangan untuk kehidupan mereka dimasa tua.

Artinya, wanita akan menjalani setidaknya 25-30 tahun masa pensiun dalam hidupnya. Mereka cenderung mengelola keuangan mereka sendiri, karena mereka hidup lebih lama. Nah, berikut adalah tujuh tips penting bagi wanita yang akan pensiun, dilansir dari USA Today, Senin (28/7).

4. Kenali kehidupan setelah pensiun

Anda harus memikirkan bagaimana kehidupan Anda setelah pensiun. Misalnya, apakah Anda dan pasangan akan tetap tinggal sendiri di rumah? Apakah Anda memutuskan untuk tinggal bersama salah satu anak Anda? Atau, apakah memutuskan pindah ke luar kota misalnya. Buatlah percakapan itu dengan pasangan Anda sebelum pensiun. Jika membicarakannya setelah pensiun maka bisa membuat stres.

Wanita yang sudah pensiun bisa saja memutuskan kehidupan lain setelah pensiun. Misalnya, mereka ingin tetap bisa bekerja paruh waktu, ada juga yang ingin berhenti kerja total dan tinggal di rumah, ada juga yang ingin mengejar hobinya. Visi dan misi setelah pensiun harus Anda miliki.

5. Tahu pilihan asuransi

Klaim asuransi atau jaminan sosial harus Anda perhatikan jika semasa kerja Anda sudah ikut asuransi. Hendaknya dimasa muda Anda sudah memiliki asuransi atau deposito yang bisa menopang kehidupan Anda dimasa tua. Dimasa tua, wanita bisanya sudah tidak sanggup lagi bekerja. Mereka ingin menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

6. Saatnya menikmati hobi

Jika Anda Direktur Manajemen Kekayaan di Aspiriant, Lisa Colleti menyarankan wanita yang sudah pensiun untuk melakukan hal-hal yang menjadi hobi atau yang mereka sukai. Pertimbangan bekerja paruh waktu akan meningkatkan arus kas Anda, dan mungkin mengurangi kesejahteraan Anda sebab ada transisi ke fase baru hidup Anda.

7. Rekening untuk biaya kesehatan

Anda harus menyiapkan anggaran untuk membiayai kesehatan Anda dimasa tua. Wanita membutuhkan biaya untuk kesehatannya lebih tinggi dibandingkan pria. Duduklah dan hitunglah berapa rata-rata biaya perawatan atau kesehatan Anda dimasa tua. Sehingga, Anda tidak akan kaget jika suatu hari membutuhkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement