Ahad 18 May 2014 17:19 WIB

Menu Makan SBY Saat di Myanmar

Rep: Esthi Maharani / Red: Esthi Maharani
Di Myanmar, Presiden SBY menyantap pecel sayur
Foto: Republika/Mg15
Di Myanmar, Presiden SBY menyantap pecel sayur

REPUBLIKA.CO.ID,Ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri KTT ASEAN ke-24 di Myanmar, menu tradisional Indonesia menjadi pilihannya. Padahal, di negara tersebut kaya pula dengan kuliner khas yang menggoda lidah untuk dicicipi.

Anggota Dharma Wanita KBRI di Myanmar, Diah Apung Ristanto menuturkan harus memboyong dapur KBRI ke ibukota Myanmar yang baru yakni Nay Pyi Taw

Menggunakan dua mobil box, mereka mengirim kompor, panci dan piranti masak lainnya. Mereka juga mengusung piring yang didatangkan khusus dari Jakarta. Peralatan makan itu berlogo istana kepresidenan. Dari Yangon mereka juga menyiapkan ayam kampung, tahu, tempe, dan daging pilihan, hingga daun seledri.

"Kami membuat sendiri baksonya. Jadi semuanya fresh dan tanpa bahan pengawet," katanya.

Berikut ini menu yang mereka sajikan bagi presiden:

Menu kedatangan: bakso daging, gado- gado lontong  krupuk aci, krupuk gendar, kerupuk gendar, rempeyek, mangga, buah naga, pisang, dengan makanan  ringan onde-onde, lupis kinca, dan pastel. Minumannya es kelapa sirup, dan gula jawa.

Menu makan malam: soto ayam, nasi, lontong, krupuk aci, krupuk karak, dan rempeyek.buahnya nanas manis  pepaya  jambu air, dan pidang.

Menu snack pagi: pisang goreng keju, tahu isi sosis solo, juadah bakar, dan martabak manis.

Menu sarapan: nasi goreng, lontong, pecel sayur, empal gepuk, tahu, tempe goreng, , krupuk aci, krupuk karak, rempeyek, buah pepaya, jagung, kacang tanah, serabi kuah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement