Selasa 15 Apr 2014 10:30 WIB

Menyiasati Makanan Kurang Sehat Ala Pakar Nutrisi

Seporsi pasta putih masih dibolehkan sesekali.
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Seporsi pasta putih masih dibolehkan sesekali.

REPUBLIKA.CO.ID, Pakar nutrisi biasanya dikaitkan dengan makanan sehat. Misalnya, buah, sayur-sayuran, hingga biji-bijian. Tetapi, para ahli gizi ini tidak selalu mempraktikkan apa yang mereka koar-koarkan.

Beberapa pakar nutrisi kerap menyantap makanan-makanan yang masuk kategori kurang sehat. Yuk, kita cek makanan apa yang masih dikonsumsi para pakar nutrisi dan bagaimana menyelipkannya dalam pola makan sehari-hari.

Sebab, sedikit pasta, es krim, bahkan kentang goreng bukan tak boleh dimakan. Berikut tipsnya seperti dikutip dari Shape :

- Kentang goreng

Ketika bertandang ke restoran kentang goreng masih bisa dipesan. Apa pun itu bentuknya, yang keriting atau shoe string atau model lain. Padukan bersama brokoli kukus, tomat, atau tumis sayuran.

- Pasta putih

Di rumah, Jackie Newgent --pakar nutrisi dan pengarang buku 'The With or Without Meat Cookbook'-- hanya memasak dengan pasta dari gandum utuh atau whole grain. Tapi, ketika ke restoran Italia ia tidak menolak pasta putih.

''Saya tidak merasa bersalah menyantapnya. Karena ini hanya berlaku beberapa kali sebulan. Semua orang boleh menyantap makanan kegemaran sesekali, termasuk pakar nutrisi,'' kata Jackie.

- Roti dan mentega

Menurut Elisa Zied, pengarang buku 'Younger Next Week', ia biasanya menyuruh pasiennya untuk melewati roti saat makan di luar. Tapi terkadang bahkan sang pakar gizi pun tak mengikuti aturan tersebut.

Elisa menggemari menyantap roti dengan olesan minyak zaitun atau mentega dua kali sepekan. Ingat mentega, alias butter, bukan margarine.

''Saya memadukannya dengan hidangan seperti terung panggang yang dimasak dengan keju mozzarella dan saus tomat. Atau dengan daging tanpa lemak dan sayur tumis,'' ujar Elisa.

- Es krim

Lupakan es krim rendah lemak dan frozen yogurt. Toby Amidor, pengarang buku 'The Greek Yogurt Kitchen', hanya menyantap es krim yang sesungguhnya. Dalam satu bulan Toby bisa menyantap es krim dalam rasa favoritnya sebanyak dua hingga tiga kali.

Toby mengatakan, ia menyantap es krim dalam porsi sehat yaitu setengah atau tiga perempat cup es krim. Jika ingin taburan di atas es krim, batasi dengan satu sendok teh sirup cokelat, dua sendok teh taburan, dan satu perempat cup buah segar.

- Muffin

Muffin yang kaya karbohidrat umumnya tidak masuk dalam daftar sarapan pakar nutrisi. Tetapi Bonnie Taub pengarang 'Read IT Before You Eat It' mengatakan ia kadang memulai paginya dengan sarapan satu buah muffin atau separuh muffin jika ukurannya besar.

Ia akan memadunya dengan keju misalnya cottage cheese, ricotta, atau yogurt Yunani, dan telur untuk asupan protein.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement