Rabu 02 Apr 2014 16:10 WIB

Kesalahan Saat Menata Ruangan Kecil

.
Foto: interiorholic.com
.

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki rumah besar dengan ukuran ruangan yang besar merupakan kemewahan saat ini. Bukan berarti ruangan kecil di rumah Anda tidak bisa ditata semaksimal mungkin.

Ada banyak kesalahan yang lazim dilakukan ketika seseoran mencoba memasukkan terlalu banyak hal dalam ruangan yang kecil di rumahnya. Dalam benak, yang tertera adalah pikiran segala kenyamanan dalam ukuran besar itu akan memberi ilusi Anda hidup di ruangan yang cukup luas.

Sayangnya, upaya itu tidak akan bekerja.

Umumnya ada tiga kesalahan yang dilakukan saat mendekorasi ruangan kerja. Berikut paparannya dari desainer interior, Krissy Tiglias, dan cara untuk mengatasinya.

Kesalahan 1

Menggantung korden terlalu rendah, dekat ujung atas bingkai jendela.

Seharusnya

Anda bisa berupaya meningkatkan tinggi ruangan dengan sedikit menipu mata. Caranya, gantungnya korden hingga mendekati langit-langit lalu biarkan korden menggantung hingga agak menyentuh lantai.

Kesalahan 2

Memilih perabotan yang rumit tanpa memikirkan apa yang ruangan Anda sebenarnya butuhkan.

Seharusnya

Manfaat tinggal di ruangan kecil adalah Anda tidak perlu membeli terlalu banyak barang. Meski begitu, jangan biarkan agenda diskon atau barang bekas kerabat menggoda. Karena hasilnya umumnya hanya membuat perabotan yang beragam bentuknya juga ukurannya memenuhi rumah.

Sebaliknya, anggarkan dana untuk mencari perabotan yang akan masuk dalam rumah tanpa menguasai ruangan. ''Pastikan Anda membeli sofa yang disukai, luangkan waktu dan pertimbangkan untuk mengganti kain sofa di rumah,'' kata Tiglias. ''Juga, cari barang-barang tanpa lengan. Ini akan membuat Anda menghemat ruang,'' katanya. Ingat, setiap cm berharga.

Kesalahan 3

Menghindari warna. Tidak semuanya harus berwarna putih.

Seharusnya

''Ada banyak aturan tentang warna dan ruangan kecil dan saya selalu merasa jika Anda berhasil menyeimbangkan pemilihan warna, maka Anda akan menciptakan ruangan yang kaya,'' ujar Tiglias. Ia mengaku juga menyukai warna yang pekat di dinding. Sebab, warna seperti itu terasa mahal. Juga warna dinding seperti merah, biru tua, cokelat, mencuri perhatian dari lemari yang murah meriah.

Bila Anda tidak suka mengecat ruangan dengan warna itu, pilih karpet dan pernak-pernik rumah dalam beraneka warna.

sumber : Huffington Post
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement