Rabu 02 Apr 2014 16:01 WIB

Kenyamanan Jadi Faktor Utama Belanja Online

Belanja online. Ilustrasi.
Foto: netconnexion.com
Belanja online. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam survei yang digelar Google Indonesia terungkap fakta kalau kenyamanan menjadi alasan utama seseorang berbelanja online. "Menghemat waktu" disebut empat kali lebih sering daripada "harga" sebagai faktor penting berbelanja online.

Para pembelanja online ini, dikatakan Country Head Google Indonesia Rudy Ramawy,  biasanya melakukan riset lewat mesin pencari (41 persen) dan jejaring sosial (37 persen). Sisanya meliputi situs retailer atau toko (20 persen) lalu situs berita atau majalah, blog/forum/message board, email atau newsletter, serta situs perbandingan produk dengan persentase masing-masing 14 persen.

Sementara itu, para penjual online disebut lebih tertarik untuk berdagang online karena potensi pembelanja online besar dibandingkan kesempatan menjual dengan harga tinggi. Empat dari lima penjual mengaku berdagang online karena ada banyak pembelanja online, hanya satu dari lima penjual yang memilih online untuk mendapat harga jual tertinggi.

Chief Executive Officer Blibli.com Kusumo Martanto menjelaskan laba akan lebih banyak diraih bila pembeli banyak meskipun harga yang ditetapkan bukan harga tertinggi.

Dia memberikan perumpamaan dengan berjualan cemilan murah di depan sekolah dasar yang ramai pembeli dibanding menjual makanan mahal di gang yang tidak ada orang berlalu lalang.

"Jualan akan lebih laku kalau pembeli banyak, lebih baik harganya kompetitif dan sesuai value barang," ujarnya.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement