Jumat 21 Feb 2014 12:10 WIB

Merawat Diri di Rumah dengan Havermut

Havermut
Foto: thetastyalternative.com
Havermut

REPUBLIKA.CO.ID, Merawat diri tak selalu harus dilakukan di pusat kecantikan. Beberapa bahan yang sehari-hari tersimpan di dapur rumah bisa dimanfaatkan untuk mempercantik penampilan.

Telur, misalnya, bisa dipakai jika kuningnya akan digunakan memasak, tapi bagian putihnya tersisa. Jangan buang putihnya. Gunakan sebagai masker.

Atau jika sedang kehabisan scrub untuk mandi. Ambil segenggam kopi bubuk. Aroma kopi yang menggoda itu dijamin membuat agenda mandi jadi lebih menyenangkan.

Merawat diri dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah ternyata tidak sulit. Jika memiliki havermut atau oatmeal di rumah gunakan untuk membersihkan kulit.

Havermut mengandung senyawa bernama saponin yang secara alami bekerja membersihkan pori-pori. Tekstur havermut yang kasar menjadikannya ideal sebagai scrub kulit. Kandungan protein serta polisakaridanya juga tepat menjadikan havermut sebagai pelembab atau masker yang menghaluskan kulit.

Coba resep yang mudah ini untuk membersihkan wajah dengan havermut. Ambil segenggam havermut, tambahkan sedikit air hangat hingga menghasilkan larutan berbentuk pasta. Taruh larutan havermut di wajah, lalu lakukan pijatan di wajah selama dua menit. Setelahnya basuh wajah dengan air hangat.

Havermut dapat dimanfaatkan pula untuk memperkecil pori-pori. Kombinasikan yogurt dengan havermut untuk mendapatkan kulit yang halus dan ke nyal, sekaligus memperkecil ukuran pori-pori wajah. Yogurt bekerja membunuh bakteri jahat yang mengakibatkan jerawat serta kondisi buruk wajah lainnya. Pilih yogurt polos, tanpa rasa dan tanpa tambahan gula.

Campur dua sendok teh havermut dengan dua sendok teh yogurt. Biarkan di kulkas selama empat sampai enam jam. Balur wajah dengan masker ini. Biarkan selama 30 menit lalu basuh dengan air hangat. Perawatan menggunakan havermut dan yogurt selama tiga kali sepekan akan memberikan hasil yang diinginkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement