Senin 27 Jan 2014 10:07 WIB

Keuntungan Menggiurkan Bisnis Online

Rep: qommaria rostanti/ Red: Endah Hapsari
Memulai Bisnis Online
Foto: Corbis.com
Memulai Bisnis Online

REPUBLIKA.CO.ID, Kebanyakan orang menjadikan bisnis online cuma sebagai pekerjaan sampingan. Belakangan, bisnis online semakin mendapat lirikan serius dari mereka yang ingin mendulang keuntungan.

Peminatnya bukan saja orang yang bermodal kuat, ibu rumah tangga berkocek pas-pasan juga banyak yang menekuninya meski hanya dengan memanfaatkan akun jejaring sosialnya. Pilihan mereka tidak keliru. Apalagi, bisnis online memiliki potensi keuntungan yang menggiurkan, cenderung lebih tahan terhadap krisis, dan tidak sulit untuk dibangun.

Pakar digital marketing Doni Irawan mempre diksi ke depannya pasar akan banyak bergeser tem pat ke dunia maya. Jumlah iklan yang terpa sang di web menjadi penandanya. Internet de ngan segala bentuk fasilitas yang ada di dalamnya me mang dapat menjadi media bisnis bagi mereka yang kreatif. “Anda hanya perlu duduk manis di de pan gadget serta memastikan koneksi internet selalu siap setiap saat untuk melancarkan urusan bisnis.”

Tentunya, pebisnis yang inovatiflah yang dapat mengeruk keuntungan. Kegagalan mencapai potensi keuntungan optimal biasanya terjadi lantaran pebisnis belum fokus menggeluti salah satu dari sekian banyak konsep berbisnis online. Kondisi itu terjadi lantaran mereka masih memilih bisnis online sebagai pekerjaan samping an. "Padahal, kalau serius menjalankannya, bisnis online dapat memberikan keuntungan berlipat ganda dan tak terbatas," kata Doni.

Ada beberapa faktor yang menjadi penentu kesuksesan bisnis online. Ide awal merupakan prasyaratnya. Telaah kembali apakah bisnis yang dipilih merupakan sebuah bisnis baru atau bisnis klasik dengan tingkat layanan dan fi tur ber beda. Hampir setiap lini kehidup an dapat menghasilkan uang. “Meyakini hal tersebut, pebisnis online akan menemukan bahan bakar untuk terus melanjutkan usahanya dan mencari ideide segar bagi kemajuan bisnis online di masa depan,” ujar Doni.

Selanjutnya, desain bisnis mesti kreatif dan inovatif. Fokuslah terhadap isi dan desain situs. Kekuatan bisnis online adalah kesesuaian isi dan tema bisnis. Jika itu berhasil ditampilkan, calon konsumen akan lebih nyaman dan termudahkan dalam memilih produk.

Manajemen search engine optimization (SEO) dan kontrol terhadap konten juga tak kalah penting. Usahakan untuk memiliki manajemen SEO yang baik. Dengan begitu, situs bisnis online Anda akan berada di posisi teratas dalam mesin pencari.

Terakhir, jalankan internet marketing. Gunakan diksi yang tepat dan menjual saat melancarkan promosi. “Bahasa yang kreatif mampu menarik minat konsumen dengan hanya membaca kilasan produk yang ditawarkan,” kata Doni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement