Jumat 24 Jan 2014 13:16 WIB

Ingin Berbisnis Online? Ini Kiat untuk Pemula

Rep: Qommarria Rostanti / Red: Endah Hapsari
Memulai Bisnis Online
Foto: Corbis.com
Memulai Bisnis Online

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki bisnis online sendiri memang mengasyikkan dan menguntungkan. Namun, tanpa pengetahuan yang memadai, peminat bisnis ini akan kesulitan merealisasikan idenya. Lalu, bagaimana caranya memulai bisnis online? Berikut tips dari pakar digital marketing Doni Irawan.

- Untuk bisnis online pemula dapat menggunakan beberapa situs dagang online sebagai sarana promosi dan memajang produk. Contohnya, www.tokobagus.com atau www.bekas.com. Pebisnis online pemula juga dapat menggunakan blog, forum jual beli semacam Kaskus, serta media sosial, seperti Facebook, Instagram, ataupun Twitter.

-Setelah menentukan media yang akan digunakan, pebisnis online pemula perlu mempersiapkan produk yang akan dijual. Produk bisa berupa barang ataupun jasa. Produk yang dijual boleh merupakan hasil produksi sendiri, membeli dari toko grosir (agen), atau membantu menjualkan suatu produk (reseller). Selanjutnya, siapkan foto produk. Potretlah produk dari sisi yang mudah dimengerti oleh konsumen, menarik, dan bernilai jual tinggi. Misalnya, produk baju bisa dipotret dengan bantuan model yang berparas menarik.

-Terjun ke bisnis online, setiap pemula perlu menguasai produk. Tampilkan produk dalam kemasan terbaik dengan keterangan yang lengkap di toko online. Jenis produk, harga eceran dan harga grosir, spesifikasi atau keterangan tentang produk, cara pembayaran dan nomor rekening bank penjual, serta nomor kontak mesti tertera.

-Perlakukan konsumen dengan sepatutnya. Seperti juga di toko konvensional, konsumen ingin dilayani dengan sopan dan dihargai saat menyatakan minatnya. Ketika uang telah diterima maka segeralah mengirim barang. Kemasan yang rapi, pengiriman tepat, dan waktu yang relatif cepat akan membuat konsumen terkesan dan percaya untuk melakukan pembelian berikutnya. Konsumen yang puas niscaya tak akan segan mempromosikan toko online ke teman dan kerabatnya yang lain.

-Seseorang yang hendak menekuni bisnis online, hendaknya memahami selukbeluk bisnis online terlebih dahulu. Ketika calon pebisnis online telah memahami bagaimana operasional komputer, internet, dan cara berbisnis online maka kesuksesan akan lebih mudah untuk diraih.

-Buatlah tampilan produk yang menarik, berkesan, dan informatif. Seperti halnya berjualan di toko, pebisnis online juga mesti menampilkan produk dengan kemasan dan keterangan yang cantik di katalog. Dengan begitu, konsumen akan tergoda untuk memiliki produk yang ditawarkan. Lengkapi foto produk dengan informasi yang detail agar konsumen bisa mempelajari produk dan tertarik untuk membelinya.

-Gunakanlah rekening bank yang umum. Konsumen tak akan berpikir panjang untuk melakukan transaksi jika rekening penjual ada di bank besar. Kemudahan bertransaksi antarbank harus diperhitungkan ketika akan membuka rekening tabungan untuk menerima dana transfer dari konsumen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement