Jumat 10 Jan 2014 14:31 WIB

Cara Baru Menikmati Es Krim

Milkshake
Foto: paulickreport.com
Milkshake

REPUBLIKA.CO.ID, Bosan dengan es krim yang begitu-begitu saja? Sebenarnya, jika berusaha sedikit demi menciptakan cara lain menikmati es krim. Salah satu cara termudah, yakni dengan membuat milkshake. Minuman dingin yang satu ini disukai karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lebih kental. Membuatnya pun mudah. Cukup campurkan susu dengan es krim dan campur dalam blender. Bila ingin menambahkan rasa, potongan pisang atau buah segar lainnya bisa dicoba, termasuk cokelat hingga selai kacang.

Demi menciptakan milkshake yang sempurna, tips ini bisa dicoba. Sebelum membuat milkshake, pastikan seluruh bahan pembuatnya, termasuk alatnya, dalam keadaan dingin. Es krim, susu, wadah blender, termasuk gelas yang akan menyajikannya. Faktor dingin akan menghasilkan tekstur milkshake lebih kaya dan creamy. Gelas saji yang dingin juga membantu mempertahankan tekstur milkshake lebih lama.

Cara berikutnya, yaitu dengan membuat kue dari es krim. Kue ini tak perlu dipanggang. Pertama, biarkan es krim agak mencair dengan meletakkannya di bagian bawah kulkas (bukan di freezer) atau di suhu ruangan. Kemudian, alasi loyang dengan kertas aluminium atau plastik khusus pembungkus makanan.

Campur es krim yang sudah agak cair dengan isian yang diinginkan. Bisa remah kacang, cokelat kepingan, buah, atau remah biskuit. Setelah itu, masukkan adonan es krim dan isiannya dalam loyang. Ratakan bagian atas es krim dan bungkus lagi dengan kertas aluminium atau plastik. Ma suk kan ke freezer hingga es krim kembali mengeras. Setelah keras, keluarkan kue es krim dari cetakan. Taburi kue es krim dengan cokelat atau saus kesukaan. Biarkan selama lima menit di suhu ruangan sebelum memotongnya.

Atau, bagaimana dengan membuat sendiri es di rumah? Meracik es loli dari buah mudah dan bisa dilakukan bersama anak. Rebus gula kastor dan air. Aduk hingga gula larut dengan air, lalu angkat dari api. Campur dengan stroberi yang sudah dihaluskan dengan cara puree. Tambahkan pula jus jeruk. Kemudian, masukan dalam cetakan es loli dan dinginkan hingga beku.

Resep lain untuk membuat es loli, yakni dengan memblender potongan mangga, nanas, dan jus jeruk. Masukan ke cetakan es loli dan biarkan di freezer hingga beku. Di wadah lain, lelehkan cokelat. Keluarkan es loli dari cetakannya dan celupkan ujung es loli atau seluruhnya dalam lelehan cokelat. Tambahkan taburan meises berwarna-warni setelah loli dicelup cokelat. Sebelum menghidangkan, taruh kembali es loli dalam freezer.

Bila tak ada waktu untuk meracik es krim, alternatif ini bisa dicoba. Selain membeli es krim di pasar swalayan, langkahkan kaki pula ke bagian biskuit, cokelat tabur, selai, atau buah-buahan. Tata bahan-bahan tersebut dalam wadah masingmasing. Lalu, biarkan mereka menjadi teman bersantap es krim. Tak hanya lebih menarik, es krim juga jadi mempunyai tambahan rasa. Selamat mencoba, ya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement