Senin 23 Dec 2013 16:59 WIB

6 Tips Rambut Indah dan Sehat

Rambut sehat/ilustrasi
Foto: artofcosmetics.com
Rambut sehat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Kunci rambut indah ada pada perawatan dan perlakuan terhadap rambut. Misalnya saja, rambut yang terlalu sering ditata (styling) cenderung menjadi kering, jika tidak dibarengi perawatan yang sesuai. Pemilihan shampo juga turut mempengaruhi kesempurnaan perawatan rambut.

Bagaimana merawat rambut yang benar? Beberapa kiat di bawah ini layak Anda simak:

* Pilihlah shampo yang sesuai dengan rambut Anda. Sebaiknya, shampo itu terpisah dari kondisionernya (bukan shampo two in one) karena kebutuhan untuk setiap rambut berbeda. Kondisioner bermanfaat untuk melembutkan rambut.

* Shampo yang terbaik bukan shampo dengan busa terbanyak. Begitu pula saat berkeramas. Jangan terlalu 'obral' dengan busa. Yang membersihkan rambut bukan busa, tapi zat aktif yang terkandung di dalam shampo itu. Tuangkan shampo pada telapak tangan, dan usapkan merata pada permukaan kulit kepala.

* Selalu gunakan kondisioner setelah mencuci rambut. Kondisioner akan 'mengempeskan' kutikel rambut, sehingga potongan rambut anda akan lebih jelas terlihat. Kondisioner juga berfungsi untuk menyeimbangkan pH rambut, karena sifat kondisioner yang basa akan menetralkan shampo yang umumnya bersifat asam.

* Jika ingin memberi highlight pada rambut, pilih warna dan bahan yang soft dan hypoallergenic. Saat ini banyak beredar di pasaran shampo dan perawatan rambut khusus untuk rambut berwarna. VBiasanya, pada kosmetik rambut itu ditambahi pelembut.

* Jika rambut Anda berketombe, rajinlah berkeramas dengan shampo yang cocok dan jangan terlalu sering berganti-ganti. Saat menggunakan shampoo, pijatlah kulit kepala dan biarkan shampo menempel di rambut selama semenit, baru dibilas. Lebih baik jangan menggunakan conditioner dan pastikan Anda membilasnya sampai bersih.

* Jika rambut Anda 'bermasalah', sebaiknya untuk sementara coret kosmetika rambut yang tidak perlu dari daftar belanja Anda. Pemakaian jenis styling rambut seperti gel, hairspray atau minyak rambut untuk sementara dihentikan dulu.  

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement