Sabtu 21 Dec 2013 10:58 WIB

Sering Gatal-Gatal? Coba Dulu Tips Ini

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Gatal sekujur tubuh (ilustrasi)
Foto: buzzle.com
Gatal sekujur tubuh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Eksema atau eksim merupakan penyakit kulit yang umum ditemui dan tidak menular. Walaupun demikian eksim tak bisa disepelekan. Eksim tak hanya mengganggu performa seseorang, bahkan bisa memengaruhi tidur. 

Gejala eksim yang umum ditemui adalah kulit kering, gatal-gatal dan memerah. Periksakan diri Anda jika Anda mengalami gejala tersebut. Biasanya dokter akan menentukan tingkat keparahan seseorang dengan menilai dari seberapa sering gejala tersebut terjadi, tingkat keparahan gejala, dan apakah gejala yang ditimbulkan memengaruhi kesejahteraan emosional seseorang, termasuk tidur. Jika Anda sudah mengalami gejala eksim, Anda bisa mengikuti tips yang dilansir dari WebMD berikut ini untuk membantu meringankan gejala eksim:

 

1. Gunakan pelembab

Melembapkan kulit  merupakan salah satu hal yang paling penting dilakukan bagi penderita eksim. Krim dan salep akan lebih efektif dibandingkan dengan lotion karena krim atau salep tidak banyak mengandung air. Semakin pelembab mengandung banyak minyak dan sedikit air, semakin baik pula menjaga kelembaban kulit. Salep (seperti petroleum jelly) sangat membantu ketika udara kering dan tingkat kelembaban yang rendah. Tapi salep tidak boleh digunakan pada bagian-bagian tubuh yang sering panas dan berkeringat.

 

2. Mandi air dingin

Mandi air dingin dapat meredakan gatal dan iritasi pada eksim. Hindari menggunakan sabun dan menggosok-gosok kulit. Setelah mandi, kulit harus segara dikeringkan dan jangan menggosok-gosokkan handuk, lalu segeralah terapkan pelembab. Atau Anda bisa menempelkan lap basah yang dingin ke daerah iritasi untuk meringankan rasa gatal.

 

3. Jaga kelembapan ruangan

Udara yang lembab biasanya terjadi ketika cuaca dingin, sehingga dapat mengakibatkan kulit lebih kering dan lebih gatal. Orang yang mengalami eksim harus mempertimbangkan menggunakan alat pelembab ruangan di rumah demi menghindari kulit kering dan gatal.

 

4. Manajemen stres

Bagi mereka yang eksim, stres dapat memicu peningkatan terhadap eksim. Atasi stres seperti dengan bersantai atau meditasi guna meringankan gejala eksim. Pelajari lebih lanjut tentang cara yang baik untuk mengurangi stres.

 

5. Mencuci pakaian

Bagi orang-orang dengan kulit sensitif, parfume atau wewangian di banyak deterjen bisa membuat eksim menjadi buruk. Gunakan deterjen bebas parfume dan pH netral. Dan jagan lupa bilas pakaian dua kali untuk memastikan semua sabun hilang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement