Selasa 17 Dec 2013 15:04 WIB

4 Kesalahan Ketika Memasak

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Ibu memasak
Foto: sheknows.com
Ibu memasak

REPUBLIKA.CO.ID, Memasak merupakan kewajiban seorang wanita. Setidaknya dengan memasak makanan sendiri akan jauh lebih baik daripada pergi ke restoran yang sarat dengan bahan rahasia dan kalorinya. Memasak tentu tidak bisa sembarangan. Untuk itu perhatikan lima kesalahan yang dapat membuat rencana penurunan berat badan Anda gagal, seperti berikut ini:

1. Menggunakan terlalu banyak minyak

Ketika ingin menumis sayuran dengan menggunakan minyak sebaiknya mengukusnya terlebih dahulu. Sayuran cenderung menyerap minyak dengan cepat. 

 

2. Mengukur porsi makan

Kita semua tahu pentingnya mengontrol porsi makan. Hindari mengeluarkan uang dengan belajar mengonsumsi makanan sehat seperti bagian dari biji-bijian dan ikan.

 

3. Diperbudak resep

Jika Anda kurang percaya diri di dapur, biasanya akan tergoda untuk mengikuti resep. Tapi dengan membabi buta mengikuti daftar bahan, Anda akan kehilangan kesempatan untuk membuat menu yang lebih sehat. Misalnya, jika ada resep yang menyebutkan satu cangkir krem, cobalah untuk menggantinya dengan separuh cangkir yogurt atau alpukat tumbuk. Penggantian ini dapat mengurangi jumlah kalori dan lemak tanpa harus mengorbankan rasa atau tekstur.

 

4. Ngemil saat mempersiapkan makanan

Menahan dorongan untuk mencicipi makanan sebelum selesai melakukan persiapan terhadap makanan yang Anda masak mungkin mustahil, terutama ketika Anda sedang kelaparan. Agar napsu makan Anda tetap terkendali, cobalah mengunyah permen karet atau minum segelas air mineral saat Anda memasak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement