Selasa , 03 December 2013, 16:09 WIB

6 Tips Jitu Terhindar dari Masuk Angin

Red: Endah Hapsari
under30ceo.com
Stres juga bisa memicu masuk angin (ilustrasi)
Stres juga bisa memicu masuk angin (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Anda sering masuk angin? Sebenarnya, istilah ini tak dikenal dalam dunia kedokteran. Namun, kita dapat mendefinisikan sebagai kondisi spesifik seperti perut kembung, badan pegal, pusing, sampai hidung tersumbat. Pakar kesehatan Dr Ade Mutiara dan dr Abdulah Reza memberikan tips- tips berikut untuk mencegah masuk angin:

1. Hindari makan-makanan yang banyak mengandung gas seperti kopi, kembang kol, dan makanan yang dapat menggangu sistem pencernaan seperti makanan yang pedas, dan banyak mengandung santan.

2. Tingkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya dengan bahan-bahan herbal seperti meniran atau Echinacea yang terbukti dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Bagi orang-orang yang memiliki alergi, hindari pencetus alergi seperti debu atau makanan yang dapat menganggu kesehatan.

4. Hindari stres yang berlebihan karena beban pikiran yang berle bihan sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh seseorang.

5. Biasakan makan dengan pola makan yang berimbang, dan gaya hidup sehat, salah satunya dengan rajin berolahraga.

6. Hindari terlalu banyak terpapar angin dingin. Ketika harus naik motor, atau berada di udara yang dingin, gunakan jaket untuk melindungi tubuh.

Berita Terkait