Selasa 19 Nov 2013 11:07 WIB

8 Makanan Tepat untuk Hati Sehat

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Alpukat
Alpukat

REPUBLIKA.CO.ID, Hati memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh. Tidak menjaga kesehatan hati dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, kelelahan yang kronis, sakit kepala, masalah pencernaan, alergi dan banyak penyakit lainnya.

"Hati memiliki banyak fungsi penting yang menjaga seseorang tetap sehat. Hati akan menyingkirkan materi berbahaya dari aliran darah dan membantu mencerna makanan," kata ahli gizi holistik Hermeet Suri dari Mississauga, Ontario.

Suri juga mengatakan dengan banyak minum air putih serta menghindari konsumsi terhadap tembakau, alkohol, kopi dan gula putih merupakan cara-cara untuk menjaga kesehatan hati. Selain itu, jenis makanan yang di konsumsi setiap hari juga memengaruhi kesehatan hati. Untuk menjaga kesehatan hati melalui makanan, Anda bisa mengkonsumsi jenis makanan berikut seperti yang dilansir dari Huff Post.

 

1. Bawang putih

Bawang putih membantu hati Anda mengaktifkan enzim yang dapat membuang racun. Bawang putih juga memiliki jumlah allicin dan selenium yang tinggi, dua senyawa alami yang membantu dalam pembersihan hati.

 

2. Anggur

Makan atau minum jus anggur dapat membantu hati Anda menghalau karsinogen dan racun. Buah ini juga kaya akan vitamin C dan antioksidan.

 

3. Bit

Bit adalah tanaman tinggi senyawa flavonoid yang dapat meningkatkan fungsi hati secara keseluruhan.

 

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan selada memiliki kemampuan untuk menetralisir logam, bahan kimia dan pestisida yang mungkin ada dalam makanan kita. Selain itu sayuran hijau juga bertindak sebagai mekanisme perlindungan untuk hati, seperti yang dikatakan Suri.

 

5. Teh hijau

Teh hijau penuh antioksidan yang dikenal sebagai katekin, guna meningkatkan fungsi hati.

 

 

6. Lemon

Selain lemon kaya akan vitamin C, lemon juga membantu membersihkan racun dalam tubuh dan membantu proses pencernaan.

7. Kunyit

Kunyit telah dikenal membantu mencerna lemak dan merangsang produksi empedu. Hal ini juga dapat bertindak sebagai bentuk alami dari detoksifikasi untuk hati.

 

8. Alpukat

Menambahkan alpukat pada pola makan Anda dapat membantu tubuh Anda memproduksi jenis antioksidan yang disebut glutation, yang dibutuhkan hati untuk menyaring bahan berbahaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement