Jumat 18 Oct 2013 11:03 WIB

4 Tips Mudah Berhenti Merokok

berhenti merokok
berhenti merokok

REPUBLIKA.CO.ID, Berhenti merokok itu susah-susah gampang. Kalau ingin berhenti merokok, yang penting adalah tekad kuat untuk berhenti. Berikut ada beberapa tips dari mereka yang berhasil menjauhi rokok.

 

1. Tegas

Kalau temanmu menawarkan rokok, bilang terus terang kalau kamu nggak merokok. Memang pada awalnya ia bisa aja jadi merasa aneh sama kamu. Tapi kalau kamu bersikukuh pada pendirian, lama-lama mereka juga ngerti kok.

 

2. Cari tahu kehebatanmu

Setiap orang punya kelebihan. Agar keberadaanmu tetap diakui oleh teman-teman, cobalah untuk mengoptimalkan kemampuanmu. Coba pikir, mana yang lebih menguntungkan, diterima di sebuah kelompok karena kamu ikut merokok, atau karena misalnya kamu jago main gitar?

 

3. Menyakiti orang lain

Jangan kira rokok cuma menyakiti diri kamu. Kalau kamu merokok di hadapan orang lain, asapnya bisa sangat berbahaya buat orang tersebut. Mereka ini disebut perokok pasif. Asap yang mereka hisap bahkan jauh lebih berbahaya ketimbang asap yang kamu hisap. Apa kamu mau menyakiti orang lain? Tentu saja tidak, bukan?

 

4. Merokok sama dengan bakar uang

Setiap kali kamu merokok, pada saat bersamaan, semakin menurun juga kesehatan kamu. Taruhlah satu batang rokok harganya Rp 1.000. Kita ambil hitungan minimal, kamu merokok satu batang sehari. Coba 1.000 dikalikan dengan 365, sama dengan Rp 365 ribu. Artinya, dalam setahun kamu menghabiskan uang sebanyak itu hanya untuk benda yang menggerogoti kesehatan tubuhmu. Belum lagi ongkos yang mesti kamu keluarkan kalau sakit gara-gara rokok. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement