Saturday, 12 Sya'ban 1436 / 30 May 2015
find us on : 
  Login |  Register

Agar Kipas Angin Lebih Awet

Saturday, 24 August 2013, 10:59 WIB
Komentar : 0
luxury-idea.com
Kipas angin di kamar tidur/ilustrasi
Kipas angin di kamar tidur/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Sekalipun harganya murah, banyak orang yang mengeluhkan daya tahan kipas angin. Umur kipas angin biasanya pendek dengan berbagai keluhan. Menghadapi udara panas, orang pun kembali menengok kipas angin di rumahnya. Apakah masih bekerja baik atau harus diganti yang baru? Persiapan menghadapi udara panas ini sudah mulai dirasakan para penyedia jasa reparasi kipas angin. 

Narko, salah seorang teknisi perbaikan kipas angin di Pejaten, Jakarta, mengaku akhir-akhir ini banyak pelanggan yang datang untuk memperbaiki kipas anginnya. Keluhannya pun bermacam-macam. Mulai dari tidak bisa menggeleng, putaran kipas tidak kencang, hingga tidak dapat berputar sama sekali. Padahal, agar kipas angin yang kita miliki tetap kencang, menurut Narko, sebenarnya bukan perkara sulit. ''Yang utama adalah perawatannya,'' ujarnya. 

Kipas angin terdiri dari baling-baling, rotor, dan komponen inti yang dinamakan dinamo atau trafo. Dinamo dalam kasus di sini adalah gulungan kumparan yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanis. Bila kipas angin rajin dibersihkan dari debu dan kotoran, jelasnya, kemungkinan daun kipas angin tidak berputar akan lebih kecil. Selama ini yang sering terjadi, adalah rusaknya dinamo atau trafo. Padahal dinamolah yang menjadi motor penggerak daun kipas angin. Aliran listrik, diubah oleh dinamo menjadi energi kinetik. Energi inilah yang menyebabkan kipas angin berputar. 

Selain itu, menurutnya, pemilihan merk kipas angin juga menentukan usianya. ''Pilihlah merek kipas angin yang sudah terkenal.'' Ia juga menyarankan sebaiknya membeli kipas angin yang digerakkan oleh trafo bukan dinamo. ''Trafo usianya lebih awet,'' terang Narko yang mempunyai bengkel di daerah Pejaten, Jakarta Selatan. Trafo merupakan kumpulan lilitan kumparan pararel. Sedang dinamo adalah kumpulan lilitan kumparan seri dan berputar. Pria setengah baya ini menjamin, bila perawatan kipas angin dilakukan secara rutin, usianya akan lama. Untuk itu, ia menyarankan agar menggunakan kipas angin seperlunya. 

Redaktur : Endah Hapsari
Rasulullah SAW bersabda:"Tidak akan masuk neraka orang yang shalat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, yakni shalat subuh dan ashar."( HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
MPR Titipkan Empat Pilar Kebangsaan Kepada Ulama
JAKARTA -- Wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Mahyudin coba menitipkan empat pilar kebangsaan kepada para ulama. Hal tersebut Ia lakukan dalam...