Jumat 28 Jun 2013 16:28 WIB

Tips Cantik Menata Meja Makan

Menata meja makan agar cantik
Foto: housebeautiful.com
Menata meja makan agar cantik

REPUBLIKA.CO.ID, Bila suatu hari Anda pergi ke jamuan makan di sebuah hotel atau salah satu restoran ternama, apakah yang pertama kali menarik perhatian anda? Boleh jadi, peralatan makanan --yang disusun sedemikian rupa, ditambah hiasan dan makanan yang disajikan cantik dan menarik-- itulah yang kemudian menimbulkan selera makan. Bukankah hal itu juga dapat diwujudkan di rumah Anda? Senang kan rasanya, membayangkan tamu-tamu tertarik dan menyantap habis makanan yang disediakan. Apa pun, suasana tentu saja bisa lebih semarak bila sajian dibantu dengan penataan meja yang menarik.

Apa sajakah yang perlu diperhatikan ketika kita akan menata meja? Berikut ini adalah beberapa faktor yang direkomendasikan oleh para ahli penata meja.

 

1. Tema 

Suasana apa yang ingin Anda bangun dalam acara jamuan itu ditentukan oleh tema. Misalnya, Anda bermaksud mengadakan acara santap siang bertema pantai, Anda dapat menjadikan pasir putih dan kerang-kerang laut sebagai hiasan di meja. Jika high-tech akan Anda jadikan pilihan tema, siapkan saja guntingan-guntingan bahan metal. Papan catur atau scrabble akan terlihat funky jika Anda jadikan under plate jika Anda memilih tema games.

Tema lain yang dapat Anda pilih, misalnya, garden, bottle, architecture, photos, dan simplicity. Untuk tema-tema tersebut Anda tinggal membawa batu-batu taman, botol minuman beraneka warna dan bentuk, blue print, rapido dan alat gambar lainnya, foto-foto dengan atau tanpa bingkai.

 

2. Centerpiece

Centerpiece adalah pusat perhatian yang ingin Anda bangun dalam meja jamuan Anda. Centerpice dapat berupa bunga yang dirangkai, bunga satuan, buah-buahan yang dirangkai dengan bunga, kerang-kerang laut, keramik, juga tanaman. Centerpiece ini biasanya diletakkan di tengah meja untuk acara jamaun yang non-buffet. Untuk acara buffet, dapat disebar diberbagai tempat di meja prasmanan.

 

3. Serbet

Yang tidak kalah pentingnya adalah serbet makan. Selain memiliki fungsi untuk digunakan, berbagai aksen dan hiasan dapat kita tempatkan, untuk mepercantik meja jamuan kita. Serbet makan pada umumnya diletakkan di atas atau di samping piring makan. Serbet itu dapat kita beri hiasan berupa setangkai bunga yang diletakkan di atasnya, atau kita ikat dengan tali recycle, atau pita. Bila acara kita bertema pantai, kita juga dapat meletakkan kerang di atas napkin tersebut.

 

4. Detail

Banyak hal kecil yang seringkali luput dari perhatian kita, misalnya menu card, buffet card, accent, lilin, dan place card. Penempatan menu card, atau place card dapat kita sesuaikan dengan tema meja jamuan kita. Misalnya kita dapat menggunakan papan catur atau huruf scrabble untuk place card bila kita mengambil tema games.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement